PENGARUH NON PERFORMING ASSET (NPA) CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NET PROFIT MARGIN (NPM), BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PEMBIAYAAN BERMASALAH BANK MEGA SYARIAH TAHUN 2005 - 2014

RUDI, NIM. 09390074 (2015) PENGARUH NON PERFORMING ASSET (NPA) CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NET PROFIT MARGIN (NPM), BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PEMBIAYAAN BERMASALAH BANK MEGA SYARIAH TAHUN 2005 - 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH NON PERFORMING ASSET (NPA) CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NET PROFIT MARGIN (NPM), BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PEMBIAYAAN BERMASALAH BANK MEGA SYARIAH TAHUN 2005 - 2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH NON PERFORMING ASSET (NPA) CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NET PROFIT MARGIN (NPM), BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PEMBIAYAAN BERMASALAH BANK MEGA SYARIAH TAHUN 2005 - 2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan bermasalah atau Non Performing Financing (NPF) menjadi salah satu ukuran atas kinerja fungsi bank, karena NPF yang tinggi adalah indikator gagalnya bank dalam mengelola bisnis dan berdampak timbulnya masalah likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas. Selain itu, bank akan mengalami penurunan laba dikarenakan berkurangnya sumber pendapatan yaitu dari pembiayaan serta di sisi lain harus menyisihkan dana sebagai cadangan sesuai kolektabilitas pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh variabel internal bank berupa rasio-rasio keuangan yang terdiri dari NPA, BOPO, CAR, FDR dan NPM terhadap naik turunnya rasio Non Performing Financing (NPF). Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan (applied research) yaitu penyelidikan hati-hati, sistematik, dan terus menerus terhadap suatu masalah dengan tujuan untuk digunakan dengan segera dan untuk keperluan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan triwulanan Bank Mega Syariah. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah laporan keuangan triwulanan atau kuartalan Bank Mega Syariah dengan periode pengamatan dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2014. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Non Performing Asset (NPA), Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adecucy Ratio (CAR), Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan (α = 0,05) terhadap Non Performing Financing (NPF) pada Bank Mega Syariah. Sedangkan variabel Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Non Performing Financing (NPF) pada Bank Mega Syariah. Gabungan variabel independen penelitian ini dapat menjelaskan variabilitas rasio Non Performing Financing (NPF) Bank Mega Syariah sebesar 87,6%. Sisanya 12,4% (100% - 87,6%) dijelaskan oleh variabelvariabel lain di luar model regresi linier berganda yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Non Performing Financing (NPF), Non Performing Asset (NPA), Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR) Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Apr 2015 07:36
Last Modified: 30 Apr 2015 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum