PENGARUH MOTIVASI, KELOMPOK ACUAN DAN PENGETAHUAN TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)

FAIDULLAH RAFI, NIM. 09390124 (2015) PENGARUH MOTIVASI, KELOMPOK ACUAN DAN PENGETAHUAN TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI, KELOMPOK ACUAN DAN PENGETAHUAN TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI, KELOMPOK ACUAN DAN PENGETAHUAN TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini melihat pengaruh antara motivasi, kelompok acuan dan pengetahuan tentang perbankan syariah terhadap minat menabung mahasiswa. Perbankan syariah yang beroperasi menggunakan prinsip syariah dengan akad-akad yang jelas telah mampu menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabah. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia selama 22 tahun ini cukup baik. Sehingga, bank syariah mampu menjadi alternatif pilihan masyarakat selain bank konvensional untuk berinvestasi dalam bidang keuangan. Motivasi, kelompok acuan dan pengetahuan menjadi dorongan bagi perilaku manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif sebagai alat pegangan dalam melihat data penelitian berupa angka-angka (numerik). Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif eksplanatif. Penelitian ini berusaha menggambarkan dan menjelaskan pengaruh antara motivasi, kelompok acuan dan pengetahuan tentang perbankan syariah (variabel independen) terhadap minat menabung (variabel dependen) di perbankan syariah. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, sehingga diperoleh; pertama, persepsi mahasiswa terhadap motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung dengan nilai thitung sebesar 5,358 dan signifikansi 0,000. Kedua, persepsi mahasiswa terhadap kelompok acuan berpengaruh positif siginifikan terhadap minat menabung dengan nilai thitung sebesar 3,763 dan signifikansi 0,000. Ketiga, persepsi mahasiswa terhadap pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung dengan nilai thitung sebesar 2,174 dan signifikansi 0,032. Alhasil ketiga variabel independen tersebut berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. DRS. A. YUSUF KHOIRUDDIN., SE., M.Si 2. JOKO SETYONO., SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pengaruh, motivasi, kelompok acuan, pengetahuan, minat menabung.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Apr 2015 07:39
Last Modified: 30 Apr 2015 07:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum