PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI BERBASIS EDUTAINMENT DI TK QURROTA A'YUN PONDOK PESANTREN ANAK BANTUL YOGYAKARTA

ALI AMRAN, S.Pd.I, NIM. 1320431010 (2015) PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI BERBASIS EDUTAINMENT DI TK QURROTA A'YUN PONDOK PESANTREN ANAK BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI BERBASIS EDUTAINMENT DI TK QURROTA A'YUN PONDOK PESANTREN ANAK BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI BERBASIS EDUTAINMENT DI TK QURROTA A'YUN PONDOK PESANTREN ANAK BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

ALIAMRAN. Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Berbasis Edutainment di TK Qurrota A’yun, Banguntapan Babadan, Bantul Yogyakarta. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Tema ini dipilih karena pentingnya melakukan upaya-upaya dalam rangka menumbuhkembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini berbasis edutainment. Kecerdasan spiritual adalah kecedasan tertinggi manusia yang dapat membimbing manusia menemukan makna hidup yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hasil pelaksanaan pengembangan kecerdasan spiritual berbasis edutainment. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif bagi pengembangan penelitian pendidikan terutama dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak usia dini, sekaligus sebagai bahan pertimbangan untuk TK Qurrota A’yun, Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan penedekatan psikologis dan sosiologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data didapatkan, selanjutnya dianalisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data. Pembelajaran edutainment dirancang untuk mengaktifkan anak dalam pengembangan kecerdasan spiritual sesuai dengan perkembangannya. Kegiatan yang beragam dilakukan anak demi pengembangan sikap, kebiasaan, dan pemahaman dengan bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, pengembangan kecerdasan spiritual anak usia dini berbasis edutainment di TK Qurrota A’yun, dilakukan dengan cara memberi contoh sikap keteladanan, materi pembelajaran disusun dalam rencana kegiatan mingguan dan rencana kegiatan harian. Kedua, langkah-langkah pengembangannya dilakukan dengan metode bermain, bernyanyi, bercerita, karya wisata, melibatkan anak secara langsung dalam kegiatan, berdiskusi, kerjasama dan demonstrasi. Hafalan Ayat do’a dan Zikir. Ketiga, adanya relevansi pengembangan kecerdasan spiritual dengan prinsip-prinsip edutainment yang teraktualisasikan dalam kegiatan-kegiatan yang ada di RKM dan RKH, yang meliputi; kegiatan pembukaan/klasikal, kegiatan inti, isoma dan kegiatan akhir/penutup. Model pembelajaran yang mengembangkan segala potensi dan bakat anak, yang berdampak meningkatkan motivasi serta terciptanya suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Kata kunci : Kecerdasan Spiritual, anak usia dini, edutainment.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DR. H. SUMEDI, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, anak usia dini, edutainment.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 May 2015 01:08
Last Modified: 04 May 2015 01:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item View Item