PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PERINGKAT DAN YIELD SUKUK IJARAH KORPORASI YANG BEREDAR PADA PERIODE 2010-2013

ACHMAD RYANO HENDRI ALFALAH, NIM. 10390054 (2015) PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PERINGKAT DAN YIELD SUKUK IJARAH KORPORASI YANG BEREDAR PADA PERIODE 2010-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PERINGKAT DAN YIELD SUKUK IJARAH KORPORASI YANG BEREDAR PADA PERIODE 2010-2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PERINGKAT DAN YIELD SUKUK IJARAH KORPORASI YANG BEREDAR PADA PERIODE 2010-2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Investasi adalah salah satu alokasi keuangan yang dilakukan oleh masyarakat. Ada bermacam-macam jenis investasi. Salah satunya penanaman investasi pada pasar modal. Pasar modal saat ini tidak hanya tersedia konvensional tetapi juga ada yang mengacu pada prinsip syari‟ah. Ada tiga macam produk yang diterbitkan di pasar modal syariah yaitu reksadana syariah, saham syariah dan obligasi syariah (sukuk). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan good corporate governance terhadap peringkat dan yield sukuk ijarah korporasi yang beredar pada periode 2010-2013. Populasi dalam penelitian ini adalah sukuk ijarah korporasi yang beredar pada periode 2010-2013. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dan sampel yang diperoleh adalah data peringkat dan yield dari sukuk ijarah korporasi yang masih beredar pada 31 Desember 2010 hingga 31 Desember 2013. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan metode ordinal logistik dan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel independen indikator dari corporate governance yaitu blockholder, kualitas audit dan komisaris independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen peringkat dan yield sukuk ijarah korporasi. Secara individu variabel kualitas audit dan komisaris independen berpengaruh positif signifikan terhadap peringkat sukuk dan berpengaruh negatif signifikan terhadap yield sukuk. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap peringkat dan yield sukuk ijarah korporasi adalah variabel blockholder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang menentukan pengaruh penerapan good corporate governance terhadap peringkat dan yield obligasi adalah kualitas audit dan komisaris independen. Karena tingkat transparansi dan independsi dari dewan komisaris merupakan inti dari penerapan good corporate governance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING : Dr. MISNEN ARDIANSYAH., S.E.,M.Si., Akt. DIAN NURIYAH SOLISSA., SHI.M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: penerapan good corporate governance, peringkat dan yield sukuk ijarah korporasi.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 May 2015 02:08
Last Modified: 04 May 2015 02:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item