STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

HERI CAHYONO, S.PD.I, NIM 1320410012 (2015) STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pengaruh globalisasi yang telah menimbulkan dampak cukup pelik bagi generasi bangsa, degradasi moral yang kian tak terbendung dikalangan remaja. ketika ancaman pengaruh negatif semakin menguat mengancam masa depan siswa, akan tetapi tidak semua siswa yang belajar di madrasah tersebut tinggal di pesantren meskipun hanya sebagian kecil. Namun pada kedua sisi tidak adanya perbedaan yang mencolok anatara karakter setiap siswa. Artinya, pendidikan nilai dalam membentuk karakter siswa di MTs Ali Maksum dapat dikatakan berhasil. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter siswa yang digunakan MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis guanakan adalah teknik sampling bertujuan (purposive sampling), Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pendidikan nilai seperti: strategi tradisional, bebas, reflektif, transinternal. Strategi pembentukan karakter seperti: Strategi Moral knowing, moral feeling and loving, moral acting, moral modeling, habituasi, dan taubat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta ialah sebagai berikut: Strategi moral knowing, moral modelling, moral action, moral feeling and loving, punishment, tradisional, dan habituasi. adapun dampak dari strategi pendidikan nilai tersebut terhadap karakter siswa memiliki dampak yang cukup baik, dari segi pengetahuan, perasaan dan tindakan yang mencerminkan karakter baik dalam kesehariannya. Adapun nilai-nilai karakter yang dimiliki yakni religius, tanggung jawab, jujur, kreatif, demokrasi, disiplin, mandiri, toleransi, kerja keras, cinta kebersihan/ peduli lingkungan, sopan santun, dan sederhana. Selain itu dalam penelitian ini ditemukan beberapa penghambat seperti belum adanya konsep perencanaan pendidikan nilai dalam membentuk karakter yang terstruktur sebagai madrasah berbasis pesantren karena tidak semua guru yang mengajar adalah alumni pesantren, ruang perpustakaan kurang memadai, tidak adanya lapangan yang memadai. sementara pendukungnya adalah adanya guru yang profesional, fasilitas yang memadai, masyarakat yang religius, keterlibatan orang tua dan pembimbing asrama dalam menerapkan pendidikan nilai pada siswa/ anak. Kata kunci: Strategi, Pendidikan Nilai, Karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pendidikan Nilai, Karakter.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 May 2015 08:08
Last Modified: 05 May 2015 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum