PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI, PEMBIAYAAN BAGI HASIL, DAN RASIO NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH

SUFYAN BARIQI, NIM. 10390136 (2015) PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI, PEMBIAYAAN BAGI HASIL, DAN RASIO NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI, PEMBIAYAAN BAGI HASIL, DAN RASIO NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI, PEMBIAYAAN BAGI HASIL, DAN RASIO NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pembiayaan jual beli, pembiayaan bagi hasil, rasio non performing financing (NPF) dan profitabilitas bank umum syari‟ah. Serta untuk menganalisis pengaruh pembiayaan jual beli, pembiayaan bagi hasil dan rasio non performing financing terhadap profitabilitas bank umum syari‟ah (peiode 2009-2013) yang diproyeksikan dengan ROA. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data publikasi laporan keuangan triwulanan bank umum syari‟ah periode 2009-2013. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 bank umum syari‟ah yang terdaftar di Bank Indonesia (BI). Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan 4 sampel bank umum syariah yang memenuhi kriteria yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Mega Syari‟ah, Bank Syariah Mandiri dan Bank BRI Syariah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel yang diteliti. Sedangkan uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan jual beli berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas bank umum syari‟ah (ROA). Sedangkan pembiayaan bagi hasil menunjukkan hasil yang berbeda, dimana pembiayaan ini berpengaruh negative dan signifikan terhadap profitabilitas bank umum syari‟ah (ROA). Dan variabel NPF tidak berpengaruh terhadap profitabilitas bank umum syariah (ROA). Nilai R Square sebesar 0.273 hal ini berarti variabel independen mempenengaruhi variabel dependen sebesar 27.3%, sedangkan sisanya 72.7% dijelaskan oleh variabel-variabel independen lain yang tidak dimasukkan dalam model analisis regresi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Dr. H. M. FAKHRI HUSEIN, SE., M.Si 2. Dr. IBNU MUHDIR., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pembiayaan jual beli, pembiayaan bagi hasil, rasio non performing financing (NPF) dan Return On Asset (ROA).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 May 2015 08:06
Last Modified: 05 May 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum