IMPLEMENTASI METODE FAMI BISYAUQIN DALAM MEMELIHARA HAFALAN AL-QUR’A N PADA HUFFA DI MA’HAD TAHFIDZUL QUR’A N ABU BAKAR ASH-SHIDIQ MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

JIYANTO, NIM. 1320411020 (2015) IMPLEMENTASI METODE FAMI BISYAUQIN DALAM MEMELIHARA HAFALAN AL-QUR’A N PADA HUFFA DI MA’HAD TAHFIDZUL QUR’A N ABU BAKAR ASH-SHIDIQ MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE FAMI BISYAUQIN DALAM MEMELIHARA HAFALAN AL-QUR’A N PADA HUFFA DI MA’HAD TAHFIDZUL QUR’A N ABU BAKAR ASH-SHIDIQ MUHAMMADIYAH YOG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE FAMI BISYAUQIN DALAM MEMELIHARA HAFALAN AL-QUR’A N PADA HUFFA DI MA’HAD TAHFIDZUL QUR’A N ABU BAKAR ASH-SHIDIQ MUHAMMADIYAH YOG)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Metode-metode memelihara hafalan al-Qur‟a n yang ada selama ini belum memberikan solusi alternatif kepada para huffa untuk mempertahankan hafalan al-Qur‟a n secara mudah, praktis, sistematis, fleksibel dan sesuai sunnah Rasulullah SAW, sehingga tidak sedikit para huffa mengalami kesulitan dalam mempertahankan hafalan mereka. Menilik kesulitan-kesulitan dalam memelihara hafalan al-Qur‟a n, dari banyak lembaga pendidikan pembelajaran al-Qur‟a Ma‟ a Ta u Qur‟a A u Ba ar A S Mu a a a Y a ar a menawarkan metode dalam memelihara hafalan al-Qur‟a n secara mudah, praktis, sistematis, fleksibel dan sesuai sunnah Rasulullah SAW, yaitu metode fami bisyauqin Peneletian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan secara ua a e r p a a a a Ma‟ a Ta u Qur‟a A u Ba ar a - Shidqi Muhammadiyah Yogyakarta, pada bulan Oktober 2014 sampai dengan Januari 2015. Subyek penelitiannya adalah mudir a‟ a a huffa . Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode fami bisyauqin, faktor pendukung dan penghambat implementasi metode fami bisyauqin, dan kelebihan dan kekurangan dari implementasi metode fami bisyauqin dalam memelihara hafalan al-Qur‟a n pada huffa a‟ a a u Qur‟a A u Ba ar a -Shidiq Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi metode fami bisyauqin dalam memelihara hafalan al-Qur‟a n pada huffa a‟ a a u Qur‟a n Abu Bakar ash-Shidiq Muhammadiyah Yogyakarta dapat dilihat dari nama metode tersebut sebagai panduan untuk mura ja’ah. Faktor pendukung implementasi metode fami bisyauqin antara lain yaitu mendengarkan hafalan kepada orang lain, selalu bergaul dengan penghafal al-Qur‟a n, dan senantiasa membacanya dalam shalat. Sedangkan faktor penghambat antara lain yaitu banyak aktifitas/kegiatan, sakit dan futur (malas). Kelebihan metode tersebut antara lain yaitu mudah, praktis, sistematis, fleksibel, sesuai sunnah Rasulullah SAW. Sedangkan kekurangan dari metode tersebut antara lain yaitu seorang huffa dalam memelihara hafalan al-Qur‟a n dibatasi dengan waktu, yaitu selama tujuh hari harus khatam, sistematika mura ja’ah akan terganggu apabila terdapat aktifitas yang bersifat temporal, dan belum adanya panduan khusus mengenai teknis pelaksanaan metode fami bisyauqin, pengajaran baru bersifat dari mulut ke mulut, sehingga metode tersebut bersifat abstrak, tidak semua huffa dapat menerapkan metode tersebut. Kata Kunci : Metode Fami Bisyauqin, Memelihara Hafalan al-Qur’an, Huffaz

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Fami Bisyauqin, Memelihara Hafalan al-Qur’an, Huffaz
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 May 2015 08:18
Last Modified: 05 May 2015 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum