PREFERENSI SANTRI PESANTREN TERHADAP BANK SYARIAH DIKOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH DAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH)

RISKI ANDRIA WAN, NIM. 10391014 (2015) PREFERENSI SANTRI PESANTREN TERHADAP BANK SYARIAH DIKOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH DAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PREFERENSI SANTRI PESANTREN TERHADAP BANK SYARIAH DIKOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH DAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PREFERENSI SANTRI PESANTREN TERHADAP BANK SYARIAH DIKOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH DAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi santri terhadap pengaruh faktor ekonomi dan faktor agama pada santri dalam memilih bank syariah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan studi kasus karena data diperoleh langsung dari Pondok Pesantren AI Luqmaniyyah dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Yogyakarta. Sifat dari penelitian ini adalah asosiatif, yaitu suatu penelitian yang mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Maksud dalam penelitian ini yang berusaha untuk mencari hubungan antara variabel faktor ekonomi, faktor agama dan preferensi santri pesantren di Yogyakarta terhadap perbankan syariah. Sampel dari penelitian ini adalah santri Pesantren AI Luqmaniyyah dan Pesantren Nurul Ummah yang berjumlah 30 responden dengan menggunakan simple random sampling dan data yang terkumpul diolah dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor ekonomi dan faktor agama. Untuk variabel dependen adalah prefemsi santri pesantren terhadap perbankan syariah. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner dan dibagikan kepada responden secara acak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji F menunjukkan bahwa untuk variabel faktor ekonomi dan faktor agama secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi santri dalam memilih perbankan syariah. Dan hasil uji parsial, variabel independen yang terdiri dari variabel faktor ekonomi dan faktor agama, menunjukkan bahwa variabel faktor ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi santri pesantren, sedangkan variabel agama tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi santri pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DOSEN PEMBIMBING: MUH. GHAFUR WIBOWO, SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Preferensi, faktor ekonomi dan faktor agama
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 May 2015 09:02
Last Modified: 05 May 2015 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum