ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARIAH (STUDI KASUS PADA BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO)

AHMAD RIFQI DAMARJATI, NIM. 10391035 (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARIAH (STUDI KASUS PADA BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARIAH (STUDI KASUS PADA BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARIAH (STUDI KASUS PADA BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan gadai emas syariah merupakan produk penyaluran dana dalam bentuk pinjaman dana berdasarkan prinsip Qarıh dengan jaminan barang berharga berupa emas sebagai barang jaminan atas uang nasabah. Emas yang dimaksud ditempatkan dalam penguasaan dan pemeliharaan bank, dan atas pemliharaan tersebut bank mengenakan ujrah (biaya sewa). Bank memperoleh keuntungan dari biaya ujrah atas pemeliharaan emas yang diberikan oleh nasabah. Dari situlah dalam penelitian ini mengambil empat variabel independen yaitu nilai taksiran, biaya-biaya, promosi dan pelayanan. Sedangkan untuk variabel dependen yaitu keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan gadai emas syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah nilai taksiran, biaya-biaya, promosi dan pelayanan memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan gadai emas syariah. Penelitian ini termasuk studi lapangan (Field Study) yaitu studi yang dilakukan dalam situasi alami dengan jumlah intervensi minimal dari peneliti terhadap arus kejadian dalam situasi, karena data diperoleh dari nasabah BPD DIY Syariah sebagai objek penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BPD DIY Syariah yang menggunakan produk pembiayaan gadai emas syariah di sana dan kemudian populasi tersebut menjadi objek penelitian. Berdasarkan hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) nilai taksiran, biaya-biaya, promosi dan pelayanan, berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan gadai emas syariah. Untuk uji koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar (0,487) hal ini menunjukkan bahwa faktor nilai taksiran, faktor biaya-biaya, faktor promosi dan faktor pelayanan berpengaruh 48,7% terhadap pembiayaan gadai emas syariah dan sisanya 51,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan dari hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa faktor biaya-biaya tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan pembiayaan gadai emas syariah. Sedangkan untuk faktor nilai taksiran, faktor promosi dan faktor pelayanan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan gadai emas syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: 1. M. GHAFUR WIBOWO., S.E., M.Sc 2. M. YAZID AFANDI., S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Nilai Taksiran, Biaya-biaya, Promosi, Pelayanan dan Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Gadai Emas Syariah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 May 2015 09:07
Last Modified: 05 May 2015 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15965

Actions (login required)

View Item View Item