METODE MAUDU’I DALAM TAFSIR AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN MUHAMMAD BAQIR AL-SADR DAN ABDUL HAYY AL-FARMAWI)

LAILIA MUYASAROH, NIM. 11531028 (2014) METODE MAUDU’I DALAM TAFSIR AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN MUHAMMAD BAQIR AL-SADR DAN ABDUL HAYY AL-FARMAWI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE MAUDU’I DALAM TAFSIR AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN MUHAMMAD BAQIR AL-SADR DAN ABDUL HAYY AL-FARMAWI))
11531028_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE MAUDU’I DALAM TAFSIR AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN MUHAMMAD BAQIR AL-SADR DAN ABDUL HAYY AL-FARMAWI))
11531028_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia tafsir, cara yang digunakan oleh penafsir dalam mengungkapkan isi kandungan dan firman Allah bermacam-macam, salah satunya adalah metode maudu’i. Salah satu ulama yang menawarkan konsep tafsir maudu’i adalah Muhammad Baqir Al-Sadr. Beliau menulis buku yang berjudul Al-Madrasah al-Qur’aniyyah. Menurut Baqir Al-Sadr, seorang penafsir yang menggunakan metode maudu’i harus memusatkan perhatian terhadap suatu masalah dalam kehidupan sosial untuk dicarikan solusinya dalam Al-Qur’an. Ulama lain yang menawarkan metode tafsir maudu’i adalah Abdul Hayy Al- Farmawi yang menjabat sebagai guru besar pada Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar. Beliau menerbitkan buku berjudul Al-Bidayah fi Al-Tafsir Al-Maudu’i dengan mengemukakan langkah-langkah secara terperinci untuk menerapkan metode maudu’i. Penulis tertarik untuk membandingkan metode tafsir maudu’i yang ditawarkan kedua tokoh tersebut karena adanya perbedaan yang signifikan antara metode yang kedua tokoh ini tawarkan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reaserch) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode komparasi atau perbandingan. Dalam penelitian ini sumber primer yang digunakan adalah Al-Madrasah al-Qur’aniyyah karya M. Baqir al-Sadr dan Al-Bidayah fi Al-Tafsir Al-Maudu’i karya Abd al- Hayy al-Farmawi. Penelitian ini berupaya untuk membandingkan metode tafsir maudu’i yang ditawarkan kedua tokoh tersebut. Secara global, Baqir Sadr berkali-kali menjelaskan bahwa seseorang yang akan melakukan kajian tafsir maudu’i harus melalui dua langkah besar yaitu يبدأ من الواقع و ينتهى بالقرأن . Sedangkan al-Farmawi merumuskan tujuh langkah yang lebih rinci yaitu: menetapkan suatu topik dalam al-Qur’an yang akan dikaji secara maudu’i, menghimpun seluruh ayat yang berkaitan dengan masalah yang telah ditetapkan, menyusun ayat-ayat tersebut berdasarkan kronologi masa turunnya ayat-ayat al-Qur’an kepada Nabi Muhammad disertai dengan penjelasan asbab al-nuzul, melihat munasabah ayat-ayat tersebut dalam masingmasing suratnya, menyusun tema bahasan sehingga menjadi sebuah bangunan yang utuh, melengkapi tema bahasan dengan hadis-hadis nabi, mempelajari ayatayat tersebut dengan kajian maudu‘i yang sempurna. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari metode yang ditawarkan oleh M. Baqir al-Sadr dan Abd al-Hayy al-Farmawi, keduanya memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Persamaan dari kedua metode tersebut adalah menjadikan tafsir maudu’i sebagai upaya mengungkap petunjuk al-Qur’an, mengumpukan ayat-ayat yang setema untuk melahirkan konsep al-Qur’an, menyusun ayat-ayat secara kronologis, mempertimbangkan munasabah dan asbab al-nuzul, dan menggunakan hadis sebagai pendukung penafsiran. Sedangkan perbedaan kedua metode ini antara lain adalah starting point pengerjaan tafsir maudu’i, langkah-langkah pengerjaan tafsir maudu’i, dan implikasi metode tersebut terhadap hasil penafsiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Mustaqim, M. Ag
Uncontrolled Keywords: metode maudu’i dalam tafsir al-qur’an, pemikiran muhammad baqir al-sadr
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 May 2015 11:20
Last Modified: 05 May 2015 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum