INTERFERENSI DALAM KEMAHIRAN KALAM DAN QIRA'AH SISWA MTs NEGERI RONGKOP GUNUNGKIDUL

NGATIPAN, NIM. 1220411176 (2014) INTERFERENSI DALAM KEMAHIRAN KALAM DAN QIRA'AH SISWA MTs NEGERI RONGKOP GUNUNGKIDUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERFERENSI DALAM KEMAHIRAN KALAM DAN QIRA'AH SISWA MTs NEGERI RONGKOP GUNUNGKIDUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERFERENSI DALAM KEMAHIRAN KALAM DAN QIRA'AH SISWA MTs NEGERI RONGKOP GUNUNGKIDUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis terhadap dialog berbahasa Arab oleh beberapa siswa MTs Negeri Rongkop, namun ujaran yang dipakai adalah ujaran bahasa ibu mereka (bahasa Jawa) dan diikuti dengan pengambilan beberapa sistem yang berlaku pada bahasa Jawa. Dari fenomena ini penulis berhipotesa bahwa hal ini terjadi dikarenakan minimnya kosakata bahasa Arab yang mereka kuasai. Setelah terlebih dahulu melakukan interview dengan guru yang mengampu Mata Pelajaran Bahasa Arab disana, diketemukan adanya indikasi-indikasi telah terjadi interferensi dalam proses Pembelajaran Bahasa Arab oleh para siswa MTs Negeri Rongkop. Berangkat dari hal diatas, maka dilakukanlah penelitian ini yang memfokuskan pokok permasalahan pada aspek bentuk-bentuk interferensi dalam kemahiran Kalam dan Qiraah apa saja yang terjadi di madrasah ini dan faktorfaktor yang menyebabkan terjadinya interferensi tersebut. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali bentukbentuk interferensi dalam kemahiran Kalam dan Qiraah yang terjadi di MTs Negeri Rongkop dan faktor-faktor dominan penyebab terjadinya interferensi diatas. Sedangkan manfaat dari penelitian ini, antara lain untuk menambah pengetahuan kepada pembaca untuk bisa menyikapi dengan baik bentuk-bentuk interferensi bahasa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya interferensi dalam kemahiran Kalam dan Qiraah dan agar dapat menjadi referensi pada penulisan yang sejenis, khususnya mengenai interferensi bahasa. Untuk dapat memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis mendalam (indepth analysis), yaitu mengkaji masalah secara kasus perkasus. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa bentuk interferensi yang paling sering muncul adalah interferensi dalam bidang sistem tata bunyi (fonologi), baik yang berkaitan dengan jeda, intonasi maupun panjang/ pendeknya pelafalan huruf. Adapun faktor yang paling dominan yang berpotensi menyebabkan terjadinya interferensi oleh para siswa MTs Negeri Rongkop ada dua macam, yaitu tipisnya kesetiaan para siswa dalam memakai (sistem) bahasa kedua dalam hal ini bahasa Arab dan minimnya kosakata dan sinonim/ antonim yang dikuasai para siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tulus Musthofa, MA
Uncontrolled Keywords: Kalam, qira'ah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 May 2015 08:04
Last Modified: 06 May 2015 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum