IMPLEMENTASI NORMA-NORMA ETIKA BISNIS SYARIAH PADA PAMELLA SWALAYAN DI DIY DITINJAU DARI ETIKA BISNIS PERSPEKTIF AL-GHAZALI

NIKEN AGUSTIN, NIM 1220310077 (2015) IMPLEMENTASI NORMA-NORMA ETIKA BISNIS SYARIAH PADA PAMELLA SWALAYAN DI DIY DITINJAU DARI ETIKA BISNIS PERSPEKTIF AL-GHAZALI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NORMA-NORMA ETIKA BISNIS SYARIAH PADA PAMELLA SWALAYAN DI DIY DITINJAU DARI ETIKA BISNIS PERSPEKTIF AL-GHAZALI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NORMA-NORMA ETIKA BISNIS SYARIAH PADA PAMELLA SWALAYAN DI DIY DITINJAU DARI ETIKA BISNIS PERSPEKTIF AL-GHAZALI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji implementasi nilai-nilai syariah pada Pamella Swalayan di DIY dengan mengunakan pendekatan dari aspek etika bisnis perspektif al- Ghazali. Alasan memilih etika bisnis Perspektif Al Ghazali adalah karena (1) al- Ghazali dipandang sebagai tokoh besar yang memiliki peran penting dalam perkembangan dunia Islam; (2) Kitab Ihya Ulum as-Din adalah salah satu kitab karya Al-Ghazali yang monumental dan hingga saat ini masih menjadi acuan kajian teori Hukum Islam, dimana salah satu bahasannya adalah mengenai Etika Bisnis yang terdapat dalam kitab Adab al-Kasb wa al-Ma’asy ; (3) Masalah etika dalam berbisnis sangat diperlukan oleh para pelaku bisnis ditengah kondisi perdagangan bebas seperti saat ini. Isu Etika bisnis nampaknya selalu berkembang dan seharusnya diimbangi dengan norma-norma yang sesuai dengan ajaran Islam. Adapun alasan memilih Pamella Swalayan sebagai obyek penelitian adalah sebagai berikut, (1) Pamella Swalayan dinilai masyarakat sebagai swalayan syariah, dimana hal tersebut dilatarbelakangi oleh visi dan misi perusahaan yang ingin menjalankan bisnis yang islami dan dibuktikan dengan performa perusahaan yang lebih mengutamakan menjual produk-produk yang baik dan halal untuk dikonsumsi masyarakat, contohnya tidak menjual rokok dan minuman keras; (2) Ditengah persaingan minimarket hingga hypermarket yang kini semakin menjamur, Pamella Swalayan mampu bertahan dan memiliki 8 gerai swalayan yang tersebar di DIY. Disamping itu salah satu yang menjadi ciri khas di Pamella Swalayan ini adalah semua karyawannya adalah muslim. Berdasarkan data ini penulis kemudian ingin menganalisa implementasi nilai-nilai syariah pada Pamella Swalayan di DIY dengan menggunakan etika bisnis perspektif al-Ghazali. Penulis ingin menganalisa antara teori tentang etika bisnis dengan praktek bisnis di lapangan saat ini. Mengenai pemikiran al-Ghazali, hal ini disebabkan Hal ini menimbulkan pertanyaan (1) Bagaimana implementasi nilai-nilai syariah pada Pamella Swalayan di DIY? (2) Bagaimana korelasi etika bisnis perspektif al-Ghazali dengan implementasi nilai-nilai syariah di Pamella Swalayan?

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, MA
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Syariah
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 May 2015 08:16
Last Modified: 06 May 2015 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15978

Actions (login required)

View Item View Item