DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI AGAMA, FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM

BAYU FIRDAUS, NIM. 09540057 (2015) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI AGAMA, FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI AGAMA, FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM)
09540057_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI AGAMA, FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM)
09540057_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap fenomena berkurangnya interaksi sosial atau silaturrahim langsung di kalangan pengguna smartphone. Penggunaan smartphone sekarang bukan hanya sebagai alat komunikasi semata, melainkan juga mendorong terbentuknya interaksi yang sama sekali berbeda dengan interaksi tatap muka. Kemunculan dan penggunaan smartphone mempengaruhi proses interaksi sosial yang dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi smartphone bagi mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam saat ini, dan menganalisis dampak dari penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial di kalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Peran adalah serangkaian perilaku yang diharapkan pada seseorang sesuai dengan posisi sosial yang diberikan baik secara formal maupun secara informal. Peran lebih mengutamakan kegiatan yang dilakukan setiap hari dan menimbulkan efek. Ponsel pintar (smartphone) merupakan sebuah device yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi (seperti menelpon atau SMS) juga di dalamnya terdapat fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti layaknya komputer. Bentuk pendekatan komunikasi yang paling ideal adalah yang bersifat transaksional, dimana proses komunikasi di lihat sebagai suatu proses yang sangat dinamis dan timbal balik. Interaksi sosial adalah bentuk-bentuk yang tampak apabila orang-orang perorangan ataupun kelompok-kelompok manusia mengadakan hubungan satu sama lain terutama dengan mengetengahkan kelompok serta lapisan sosial sebagai unsur pokok struktur sosial. Interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial, oleh karena tanpa interaksi sosial, tak akan mungkin ada kehidupan bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa smartphone mempunyai peran yang penting dalam aktifitas sehari-hari para mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama. Smartphone dilengkapi dengan fitur-fitur sosial media yang dijadikan sebagai perantara dalam berinteraksi dengan sesama. Selain itu, para mahasiswa juga menggunakan smartphone sebagai salah satu penunjang media pembelajaran. Smartphone dapat mempengaruhi proses interaksi sosial mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama. Smartphone menjadikan para mahasiswa malas untuk bersilaturrahim, baik dengan teman maupun keluarganya, mereka lebih suka berinteraksi melalui fitur sosial media yang ada dalam smartphone daripada berinteraksi secara langsung. Smartphone dapat menghilangkan rasa solidaritas dan rasa hormat mereka kepada sesama, bahkan kepada yang lebih tua, karena mereka tidak menghargai temannya saat diajak berinteraksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. M. Amin Lc, MA.,
Uncontrolled Keywords: penggunaan smartphone,interaksi sosial di kalangan mahasiswa
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 May 2015 08:43
Last Modified: 06 May 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15985

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum