TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGGUNAAN BARANG GADAI DI IKHSAN RENT KRAPYAK KULON PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL

BAGUS HERMAWAN, NIM. 08380018 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGGUNAAN BARANG GADAI DI IKHSAN RENT KRAPYAK KULON PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGGUNAAN BARANG GADAI DI IKHSAN RENT KRAPYAK KULON PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGGUNAAN BARANG GADAI DI IKHSAN RENT KRAPYAK KULON PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini disusun berkenaan dengan adanya praktek gadai sepeda motor yang terjadi di Ikhsan Rent Dusun Krapyak Kulon, Kelurahan Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Penelitian ini menarik dilakukan karena adanya pemanfaatan barang jaminan oleh pihak penerima gadai (murtahin) dan dalam praktik gadai ini juga dijumpai adanya pihak ketiga (orang yang menerima barang jaminan dari si penerima gadai (murtahin), serta adanya syarat yang bertentangan dengan syara’ dalam akad. Penelitian ini menfokuskan pada masalah bagaimana praktik gadai tersebut dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik gadai tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Ikhsan Rent. Sifat dari penelitian ini adalah preskriptif yakni peneliti menjelaskan data yang ada di lapangan dan sekaligus memberikan penilaian dari sudut pandang syari’ah. Penelitian ini digunakan pendekatan normatif, yakni peneliti menganalisis permasalahan berdasarkan norma yang terkandung dalam hukum Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis, serta dengan menggunakan kaidah-kaidah hukum Islam yang relevan dengan masalah tersebut. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan wawancara dengan pihak yang bersangkutan. Berdasarkan penelitian di lapangan, peneliti menyimpulkan bahwa praktik gadai motor di Ikhsan Rent ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan aturan hukum Islam di antaranya yaitu adanya syarat yang bertentangan dengan syara' yaitu adanya unsur riba dan pemanfaatan barang gadai yang dilakukan oleh pihak kedua, padahal dalam hukum Islam pemanfaatan barang gadai tidak diperbolehkan, sehingga akad gadai tersebut tidak sah. Di samping itu, tidak adanya jatuh tempo atau batasan waktu yang ditentukan dalam akad gadai ini tidak diperbolehkan. Pengambilan manfaat barang gadai oleh penerima gadai tidak diperbolehkan apalagi memindahtangankan barang gadai kepada pihak lain dengan imbalan uang tertentu karena mengandung unsur merugikan salah satu pihak serta tidak sesuai dengan norma syari'ah. Adanya pelimpahan barang tersebut mengakibatkan salah satu kewajiban dari penerima gadai menjadi terabaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Riyanta, M. Hum
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 May 2015 01:49
Last Modified: 06 May 2015 01:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item View Item