IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA (ISLAM, KRISTEN, BUDHA) TENTANG PLURALISME AGAMA DI SMP N 17 PURWOREJO

NUR ROHMAH HAYATI, NIM. 1320411166 (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA (ISLAM, KRISTEN, BUDHA) TENTANG PLURALISME AGAMA DI SMP N 17 PURWOREJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA (ISLAM, KRISTEN, BUDHA) TENTANG PLURALISME AGAMA DI SMP N 17 PURWOREJO)
1320411166_nur_rohmah_hayati_fulltext.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA (ISLAM, KRISTEN, BUDHA) TENTANG PLURALISME AGAMA DI SMP N 17 PURWOREJO)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Nur Rohmah Hayati.Implemenntasi Pendidikan Agama (Islam, Kristen, Budha) tentang Pluralisme Agama di SMP N 17 Purworejo. Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Pendidikan dalam UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, disebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pesera didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Namun pada kenyataannya masih banyaknya masalah yang terjadi seperti konflik keagamaan membuat perlunya pendidikan agama tentang pluralisme agama. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, mengetahui Pertama, Proses guru-guru agama(Islam, Kristen, Budha) mengimplementasikan pluralisme agama. Kedua, tingkat keberhasilan.Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan agama tentang pluralisme agama di SMP N 17 Purworejo. Jenis penelitian ini adalahpenelitian lapangan. Penelitian lapangan dapat disebut pula penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, pengamatan), wawancara. Dengan hasil penelitian proses Implementasi Pendidikan Agama(Islam, Kristen, Budha) tetang Pluralisme agama di SMP N 17 Purworejo. Pertama, Implementasi Pendidikan Agama Islam tentang pluralisme agama: nilai religious menggunakan metode: ceramah, diskusi kelompok, praktik lapangan. Nilai demokrasi menggunakan metode: ceramah, poster, pilih kartu. Nilai toleransi menggunakan metode: ceramah, keteladanan, pengalaman lapangan. Dan terakhir metode kerjasama: ceramah, pembelajaran aktif, motivasi. Kedua, Implementasi Pendidikan Agama Kristen tentang Pluralisme Agama, untuk nilai religious menggunakan metode: ceramah, Pengalaman Lapangan, diskusi. Nilai demokrasi menggunakan metode: ceramah, sharing. Nilai Toleransi menggunakan metode: ceramah, pengalaman lapangan, keteladanan. Nilai Kerjasama menggunakan metode: ceramah, bernyanyi. Ketiga, Implementasi Pendidikan Agama Budha tentang Pluralisme Agama, untuk nilai religious menggunakan metode: ceramah, praktik meditasi. Nilai demokrasi menggunakan metode: ceramah, diskusi, poster. Nilai Toleransi: Ceramah, Pembiasaan/Habituasi. Nilai Kerjasama: ceramah, mind map, praktek lapangan. Keberhasilan Implementasi pendidikan agama tentang pluralisme agama di SMP N 17 Purworejo. Pertama, Keberhasilan Implementasi pendidikan Agama Islamtentang Pluralisme Agama adalah Semua siswa yang beragama Islam mampu bekerjasama tanpa membedakan agama, Siswa memiliki keimanan (religious) yang tinggi dapat dilihat dengan siswa mengamalkan ilmu pengetahuan tentang ibadah agama Islam, Siswa dan guru mampu bertoleransi, siswa memberikan kesempatan kepada teman yang berbeda agama untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing, Siswa dan guru memiliki karakter demokrasi, memberikan hak kepada pemeluk agama lain sama sepeti agamanya. Kedua,Keberhasilan Implementasi Pendidikan Agama Kristen tentang Pluralisme Agama adalah Siswa memiliki keimanan (religious) yang tinggi dapat dilihat dengan siswa taat menunaikan kewajiban kepada Tuhan sesuai agama yang diyakini, Semua siswa yang beragama Kristen mampu bekerjasama, mampu bermain bersama tanpa rasa canggung, Siswa memiliki toleransi yang tinggi, saling menghormati, saling membantu, Siswa dan guru memiliki rasa demokrasi yang tinggi. Ketiga, Keberhasilan Implementasi Pendidikan Agama Budha tentang Pluralisme Agama adalah Siswa memiliki keimanan (religious) yang tinggi dapat dilihat dengan siswa khusyuk ketika bermeditasi, Semua siswa yang beragama Budha mampu bekerjasama, siswa mampu membuat karya bersama tanpa memandang agama teman membuat karya, Siswa memiliki toleransi yang tinggi, siswa tidak merasa terganggu dengan kebersamaan belajar dengan agama lain, Siswa dan guru memiliki rasa demokrasi yang tinggi, rasa dapat dilihat dengan rasa syukur siswa diberi kesempatan mendapatkan pembelajaran agama Budha Faktor pendukung dan penghambat : Pertama, Adanya kebijakan pemerintah tentang pendidikan agama. Kedua, Dukungan kegiatan pembelajaran yang cukup memadai dari pihak sekolah. Ketiga, Terjadi kerjasama seluruh warga sekolahKeempat, Kegiatan-kegiatan sekolah baik intra-maupun ektrakurikuler non keagamaan melibatkan seluruh siswa tanpa memandang siswa tersebut agamanya apa Kata Kunci: Pluralisme Agama, SMP N 17 Purworejo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siegar, MA
Uncontrolled Keywords: Pluralisme Agama, SMP N 17 Purworejo.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2015 07:48
Last Modified: 07 May 2015 07:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum