STUDI KASUS PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SURAKARTA

ROHMI UMMU FITHRIYAH, S.PD.I., NIM 1324010090 (2015) STUDI KASUS PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KASUS PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SURAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (STUDI KASUS PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SURAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Kemahiran menyimak mata pelajaran bahasa Arab kurang begitu mendapat perhatian dibandingkan dengan kemahiran lainnya seperti berbicara, membaca, dan menulis. Padahal kemahiran menyimak merupakan prinsip prioritas dalam pembelajaran bahasa apapun termasuk bahasa Arab. Jika kemahiran yang diprioritaskan terabaikan, maka akibatnya berpengaruh kepada kemahiran lainnya. Realitas menunjukan bahwa pertama secara umum kemampuan menyimak peserta didik dalam bahasa Arab rendah dan hal tersebut berpengaruh terhadap kemahiran lainnya. Kedua, kemahiran menyimak sampai saat ini agak diabaikan dan belum mendapat tempat yang sewajarnya dalam pengajaran bahasa. Ketiga, kurangnya ketersediaan materi pembelajaran menyimak berupa buku teks dan sarana lain seperti rekaman yang digunakan untuk menunjang tugas guru dalam pengajaran menyimak untuk digunakan di Indonesia. Dalam hal ini Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Surakarta adalah salah satu lembaga pendidikan yang peduli akan hal itu dengan pertimbangan, antara lain bahasa Arab sebagai standar kenaikan dan standar lulusan. Oleh karena itu kaus ini layak untuk diteliti dengan rumusan masalah (1) Mengapa pembelajaran kemahiran menyimak pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta lebih diutamakan? (2) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran kemahiran menyimak pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan fokus kajian yaitu pembelajaran kemahiran menyimak pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah PPMI Assalaam. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penyelenggaraan kemahiran menyimak lebih diutamakan untuk peserta didiknya karena pertama berdasar pada al-Qur’ān, kedua, menyimak adalah prinsip dasar kemahiran berbahasa seperti kita tahu bahwa bayi yang lahir ke dunia indra pertama yang berinteraksi dengan dunia adalah telinga kemudian berlanjut kepada indra yang lainnya, ketiga menyimak merupakan salah satu kompetensi yang telah ditetapkan untuk dikuasai dalam peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008. Terkait keberhasilan pembelajaran kemahiran menyimak selama ini, dengan hasil 8.28% peserta didik mampu mencapai ketegori tingkat kemampuan sangat baik, 1.03% peserta didik mampu mencapai ketegori tingkat kemampuan baik, dan 0.69% peserta didik mampu mencapai ketegori tingkat kemampuan sedang (2) Adapun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran kemahiran menyimak di Madrasah Aliyah PPMI Assalaam berdasar pada pola pembelajaran pada umumnya. Namun sedikit berbeda dari lembaga pendidikan pada umumnya, selain membuat perangkat pembelajaran, Madrasah Aliyah PPMI Assalaam juga mengharuskan guru membuat kontrak perencanaan akademik. Keyword: Pembelajaran, Kemahiran menyimak, dan Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Surakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Alwan Khairi, M.A.
Uncontrolled Keywords: MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2015 08:15
Last Modified: 07 May 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16010

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum