POLA SOSIAL INTERSECTED MASYARAKAT TRANSMIGRAN JAWA DENGAN MASYARAKAT PENDUDUK LOKAL STUDI KASUS DESA MARGAMULYA DAN DESA AMBUNU, KECAMATAN BUNKU BARAT, KABUPATEN MOROWALI

NANANG TRIADI, NIM.10540024 (2015) POLA SOSIAL INTERSECTED MASYARAKAT TRANSMIGRAN JAWA DENGAN MASYARAKAT PENDUDUK LOKAL STUDI KASUS DESA MARGAMULYA DAN DESA AMBUNU, KECAMATAN BUNKU BARAT, KABUPATEN MOROWALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA SOSIAL INTERSECTED MASYARAKAT TRANSMIGRAN JAWA DENGAN MASYARAKAT PENDUDUK LOKAL STUDI KASUS DESA MARGAMULYA DAN DESA AMBUNU, KECAMATAN BUNKU BARAT, KABUPATEN MOROWALI)
10540024_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (POLA SOSIAL INTERSECTED MASYARAKAT TRANSMIGRAN JAWA DENGAN MASYARAKAT PENDUDUK LOKAL STUDI KASUS DESA MARGAMULYA DAN DESA AMBUNU, KECAMATAN BUNKU BARAT, KABUPATEN MOROWALI)
10540024_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Interaksi adalah hal terpenting dalam kehidupan masyarakat, baik interaksi antar individu, individu dengan kelompok, ataupun interaksi antar kelompok. Hal tersebut sejalan dengan hakikat manusia sebagai mahkluk sosial, saling membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhanya, baik kebutuhan keamanan, kebutuhan ekonomi, agama dan budaya demi kelangsungan hidupnya. Dari kebutuhan hidup itulah manusia menjalin hubungan antar manusia dengan berusaha menyampaikan beberapa maksud, tujuan dan keinginannya masingmasing. Sedangkan untuk mencapai keinginan tersebut harus diwujudkan dengan hubungan timbal- balik (interaks) antar individu ataupun kelompok dalam masyarakat. Hubungan interaksi sosial yang dilakukan individu maupun kelompok juga dapat mempengaruhi struktur sosial yang ada. Sebab struktur sosial adalah bagian penting dalam masyarakat. Hal ini bisa dilihat dalam interaksi masyarakat transmigran Jawa di Marga Mulya dengan penduduk lokal di Ambunu. Penulis merasa tertarik untuk mengkaji tentang pola social intersected masyarakat transmigran Jawa di Marga Mulya dengan penduduk lokal di Ambunu, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pola social intersected yang terjadi antara masyarakat transmigran Jawa di Marga Mulya dengan penduduk lokal di Ambunu. Dan ingin mengetahui bagaimana implikasi social intersected dalam masyarakat Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (field reseach), yakni peneliti berusaha mengungkap realita di lapangan tentang hubungan sosial antara masyarakat transmigran Jawa di Marga Mulya dengan penduduk lokal di Ambunu. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan observasi untuk mengetahui interaksi sosial masyarakat transmigran Jawa dengan penduduk lokal di Ambunu di kecamatan Bunku Barat, dengan menggunakan pendekatan sosiologis, dan untuk mendapatkan data yang yang maksimal tentang kondisi hubungan sosial kedua masyarakat, penulis melakukan wawancara, dan mengikuti beberapa kegiatan sosial di Masyarakat transmigran Jawa di Marga Mulya dan penduduk lokal di Ambunu. Dari penelitian yang diperoleh peneliti, bahwa pola social intersected masyarakat transmigran Jawa di Marga Mulya denga masyarakat penduduk lokal di Ambunu berjalan cukup terbuka, sehingga menghasilkan bentuk dan pola subtitusi intersected diantaranya, (1) interaksi dalam bidang keagamaan, (2) interaksi dalam bidang ekonomi, (3) interaksi dalam bidang kebudayaan, (4) interaksi dalam bidang politik. Sedangkan implikasi social intersected dalam masyarakat adalah adanya hubunganya antar etnik yang berbeda sehingga mengahasilkan asmimilasi dan akulturasi budaya, dan kekuatan hubungan keagamaan yang mengarah pada kesadaran toleransi, sehingga hal tersebut menjadi kekuatan untuk menjaga hubungan sosial yang harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. Soehada, S. Sos, M. Hum
Uncontrolled Keywords: masyarakat transmigran jawa,
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 May 2015 08:48
Last Modified: 07 May 2015 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum