POLA PERTAHANAN PEREMPUAN AHMADIYAH DALAM RUANG KONFLIK (ANALISIS TOKOH MARYAM DALAM NOVEL MARYAM KARYA OKKY MADASARI)

SITI NUR HADIROH, NIM. 10540033 (2015) POLA PERTAHANAN PEREMPUAN AHMADIYAH DALAM RUANG KONFLIK (ANALISIS TOKOH MARYAM DALAM NOVEL MARYAM KARYA OKKY MADASARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PERTAHANAN PEREMPUAN AHMADIYAH DALAM RUANG KONFLIK (ANALISIS TOKOH MARYAM DALAM NOVEL MARYAM KARYA OKKY MADASARI))
10540033_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (POLA PERTAHANAN PEREMPUAN AHMADIYAH DALAM RUANG KONFLIK (ANALISIS TOKOH MARYAM DALAM NOVEL MARYAM KARYA OKKY MADASARI))
10540033_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (979kB)

Abstract

Membawa identitas seorang Ahmadi di tengah keberagamaan yang tidak berpihak pada kelompok minoritas yang berbeda tidaklah mudah, apalagi harus menanggung label sesat. Perlakuan kurang baik, hinaan, bahkan pengusiran seakan menjadi lumrah atas nama agama dan iman. Itulah yang di alami perempuan bernama Maryam yang kebetulan lahir dan tumbuh kembang di keluarga Ahmadiyah. Fatwa sesat terhadap kelompok Ahmadiyah, menuntut seorang Maryam yang masih muda, untuk melakukan pertahanan diri di tengah penindasan yang dilakukan oleh kelompok yang dominan. Maryam, adalah representasi dari Perempuan Ahmadi yang ingin bersuara dan melawan, namun kodrat sebagai seorang wanitalah yang menuntut melawan dengan diam dan bertahan dalam penindasan. Pertahanan diri yang dilakukan maryam kecil tidaklah mudah, apalagi harus membawa identitas kelompok yang terlanjur secara umum dianggap sesat, itulah Maryam dan persoalannya dalam novel maryam karya Okky Madasari. Skripsi ini mengangkat persoalan, bagaimana seorang maryam ini mampu melakukan pertahanan diri dengan terus menyandang label sesat ditengah konflik yang mengancam dirinya? Dan apa nilai-nilai yang patut diambil dari perjuangan seorang Maryam dalam mempertahankan dirinya dan identitasnya. Penelitian ini merupakan penelitiaan studi pustaka yang mengkaji secara spesifik wacana dan narasi dalam sebuah novel. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Penulis menggunakan metode conten Analisis isi (content analysis ) terhadap semua tulisan, narasi yang terdapat didalam data Primer. Analisis isi ini di masukkan untuk menemukan plot setting dan penokohan. Focus analisis di tujukan ke tokoh Maryam sebagai tokoh utama novel maupun skripsi ini. Teori yang menjadi pisau analisis adalah pola-pola pertahanan Freud, yang lebih dikenal dengan self defence mechanism,dan teori konflik sosial Penelitian ini menemukan tipe konflik yang terjadi di dalam novel Maryam menunjukkan gejala realistik yakni konflik benar-benar terjadi secara sosial dan menciptakan tekanan sosial, kekerasan sosial dan kekerasan struktur negara yang dipicu oleh konflik non realistik berupa perbedaan keyakinan. Sedangkan pola pertahanan yang dilakukan oleh Maryam yaitu pertahanan budaya, wacana, dan penderitaan, pertahanan diri dari tekanan orang terdekat dan pertahanan Tokoh Maryam dari tekanan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawwar Ahmad
Uncontrolled Keywords: perempuan ahmadiyah
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 May 2015 09:26
Last Modified: 07 May 2015 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16020

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum