POLA SOLIDARITAS SOSIAL MAHASISWA PENDATANG DENGAN MASYARAKAT KAMPUNG PEDAK BARU (STUDI DI KAMPUNG PEDAK BARU, DUSUN KARANG BENDO, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)

ARIS HASYIM, NIM. 10540060 (2015) POLA SOLIDARITAS SOSIAL MAHASISWA PENDATANG DENGAN MASYARAKAT KAMPUNG PEDAK BARU (STUDI DI KAMPUNG PEDAK BARU, DUSUN KARANG BENDO, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA SOLIDARITAS SOSIAL MAHASISWA PENDATANG DENGAN MASYARAKAT KAMPUNG PEDAK BARU (STUDI DI KAMPUNG PEDAK BARU, DUSUN KARANG BENDO, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
10540060_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (POLA SOLIDARITAS SOSIAL MAHASISWA PENDATANG DENGAN MASYARAKAT KAMPUNG PEDAK BARU (STUDI DI KAMPUNG PEDAK BARU, DUSUN KARANG BENDO, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
10540060_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pola solidaritas sosial mahasiswa pendatang dengan masyarakat Kampung Pedak Baru, Dusun Karang Bendo, Banguntapan Bantul, Yogyakarta. Kampung Pedak Baru merupakan sebuah kampung padat penduduk yang eksistensinya berada di pinggiran kota Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur kampus UIN Sunan Kalijaga. Kedekatan lokasi kampus UIN Sunan Kalijaga dengan kampung ini, menjadikan warga setempat berbondong-bondong menyediakan persewaan kos atau kontrakan kepada mahasiswa pendatang dari luar daerah. Proses dan dinamika interaksi sosial yang membentuk pola solidaritas sosial antara mahasiswa pendatang dengan warga Kampung Pedak Baru yang notabene sebagai kampung transisi, menjadi menarik untuk dikaji lebih mendalam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif-analitik, yakni data yang telah terkumpul kemudian dideskripsikan dan dianalisis untuk penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori integrasi sosial, kohesi sosial serta konsep solidaritas sosial organik dan mekanik dari Emil Durkheim. Penulis juga mengunakan teori masyarakat transisi dari Freed W Riggs sebagai pelengkap untuk menganalisis masyarakat di Kampung Pedak Baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat beberapa hal penting terkait terbentuknya solidaritas sosial antara mahasiswa pendatang dengan masyarakat di Kampung Pedak Baru, antara lain gotong-royong dan kerja bakti yang mampu menciptakan kerekatan sosial, saling mendukung keamanan kampung dengan mengikuti program ronda kampung sebagai bentuk kohesi sosial, mengikuti rapat warga atau jumpa warga sebagai kesempatan membangun konsolidasi bersama. Adapun yang lebih khusus ialah solidaritas sosial mahasiswa yang terbangun di masjid atas adanya perkumpulan Remaja Masjid Nurul Islam (REMANIS) yang mayoritas anggotanya adalah mahasiswa pendatang. Kontribusi mahasiswa dalam berbagai kegitan kampung tersebut mampu menciptakan harmoni sosial di tengah masyarakat dan meminimalisir terjadinya konflik. Faktor pendukung terbentuknya solidaritas sosial di Kampung Pedak Baru dikarenakan adanya komunikasi dan relasi sosial yang baik antara elit lokal dengan mahasiswa pendatang dalam upaya membangun berbagai hal yang dapat bermanfaat bagi kampung. Kedekatan relasi antar mahasiswa pendatang dan kedekatan etnis mahasiswa juga merupakan bagian penting dari faktor pendukung terjadinya solidaritas sosial. Adapun faktor penghambat terbentuknya solidaritas sosial ini dikarenakan adanya miskomunikasi antara mahasiswa dengan warga, serta mahasiswa yang tidak mematuhi peraturan yang telah disepakati oleh warga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RR Siti Kurnia W, M.Pd, MA
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Solidaritas Sosial, Masyarakat Transisi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 May 2015 12:14
Last Modified: 07 May 2015 12:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum