SIKAP ULAMA BETAWI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DUKUNGAN TERHADAP FAUZI BOWO-NACHROWI RAMLI DALAM PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2012 (STUDI KASUS DI KELURAHAN CAKUNG TIMUR, CAKUNG, JAKARTA TIMUR)

KHOTIBUL UMAM, NIM. 10540063 (2015) SIKAP ULAMA BETAWI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DUKUNGAN TERHADAP FAUZI BOWO-NACHROWI RAMLI DALAM PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2012 (STUDI KASUS DI KELURAHAN CAKUNG TIMUR, CAKUNG, JAKARTA TIMUR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SIKAP ULAMA BETAWI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DUKUNGAN TERHADAP FAUZI BOWO-NACHROWI RAMLI DALAM PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2012 (STUDI KASUS DI KELURAHAN CAKUNG TIMUR, CAKUNG, JAKARTA TIMUR))
10540063_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SIKAP ULAMA BETAWI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DUKUNGAN TERHADAP FAUZI BOWO-NACHROWI RAMLI DALAM PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2012 (STUDI KASUS DI KELURAHAN CAKUNG TIMUR, CAKUNG, JAKARTA TIMUR))
10540063_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kekalahan pasangan Fauzi Bowo-Nahrowi Ramli dari pasangan Jokowi-Ahok di dalam Pilkada DKI Jakarta Tahun 2012 menimbulkan pertanyaan penulis bagaimana sikap dan faktor-faktor yang melatarbelakangi ulama Betawi dalam mendukung pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta. Penelitian ini membahas tentang penelitian sikap ulama Betawi dan faktor-faktor yang melatarbelakangi ulama Betawi di Kelurahan Cakung Timur Kecamatan Cakung Jakarta Timur dalam mendukung pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dalam Pilkada DKI Jakarta Tahun 2012. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi politik dan teori budaya politik. Teori partisipasi politik adalah keterlibatan individu didalam sistem politik. Dan teori budaya politik adalah sebagai macam ide yang dianut bersama banyaknya anggota masyarakat tidak hanya berkutik kepada masalah politik saja akan tetapi menyentuh aspek-aspek kehidupan dan perubahan masyarakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif Penelitian ini mengedepankan untuk melihat sikap ulama pada pilkada DKI Jakarta 2012 di Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Dan Faktor apa yang melatarbelakangi ulama mendukung pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramlie dalam pilkada DKI Jakarta 2012, dengan melihat hal sebagai berikut: pertama, Bagaimana sikap ulama pada Pilkada DKI Jakarta 2012 di Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur?. Kedua, Faktor-faktor apa yang melatarbelakangi ulama mendukung Fauzi Bowo-Nahrowi Ramli dalam pilkada DKI Jakarta 2012 di Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur?. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis maka, diketahui Pertama, Sikap ulama Betawi pada pilkada DKI Jakarta 2012 mereka menginginkan yang menjadi Gubernur, Harus: Putra daerah, peduli terhadap budaya Betawi, kesamaan Agama dan sesama etnis. inilah yang menentukan hasil karena adanya sikap dukungan penuh terhadap putra daerah yang maju sebagai calon Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta. Kedua, Faktor yang melatarbelakangi ulama Betawi memberikan dukungan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli. Pertama. Faktor Eksternal, hal ini berkaitan dengan Komunikasi sikap memberi dukungannya kepada Fauzi Bowo dengan berdakwah, Kedua. Faktor Internal, hal ini berkaitan dengan komunikasi antar sesama ulama dan warga masyarakat Betawi agama Islam adalah ciri khas orang Betawi, Ketiga. Karakteristik personal, ini berdasarkan atas kesamaan etnis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Masroer, S.Ag., M.Si,
Uncontrolled Keywords: ulama betawi, pilkada dki jakarta
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 May 2015 13:52
Last Modified: 07 May 2015 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum