AGRESIVITAS PELAJAR DILEMA ANTARA NILAI AGAMA DAN HARGA DIRI (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)

SEPTIANA ERLITA DEVI, NIM. 10540081 (2015) AGRESIVITAS PELAJAR DILEMA ANTARA NILAI AGAMA DAN HARGA DIRI (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AGRESIVITAS PELAJAR DILEMA ANTARA NILAI AGAMA DAN HARGA DIRI (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA))
10540081_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (AGRESIVITAS PELAJAR DILEMA ANTARA NILAI AGAMA DAN HARGA DIRI (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA))
10540081_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (636kB)

Abstract

Masa remaja merupakan suatu fase pertumbuhan dan perkembangan dimana masa pertumbuhan dan perkembangan itu antara masa anak-anak, masa puberitas ataupun masa dewasa. Remaja yang sehat dan normal akan selalu mempunyai keinginan untuk melakukan tindakan dinamis agar keberadaannya di akui dan berarti bagi orang lain. Namun pada remaja yang tidak memiliki bayak aktivitas pada umumnya banyak menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang menarik perhatian orang lain. Dilihat dari kondisi remaja yang berbeda dalam masa transisi ini, maka remaja merupakan kelompok yang berpotensi mengalami berbagai tekanan batin, ataupun kondisi yang tidak menyenangkan. Keadaan seperti itu dapat mengakibatkan remaja untuk melakukan tidakan agresif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Data diperoleh dari sumber data primer yaitu hasil wawancara terhadap sembilan informan pelajar yang tergabung ke dalam geng RANGER dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data sekunder yaitu sumber-sumber lain yang mendukung penelitian seperti buku referensi, jurnal penelitian, dan artikel yang peneliti nilai relevan dengan fokus penelitian. Data yang di peroleh di lapangan di kaji dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik Goerge Herbert Mead. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat empat tahapan konsep diri yaitu implus, presepsi, manipulasi dan penyelesaian. Penelitian ini menemukan bahwa adanya dorongan hati, pengaruh teman sebaya serta adanya kenyamanan yang bersifat semu lah yang menyebabkan siswa ingin masuk dan bergabung dengan Geng RANGER. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa perilaku agresif yang di timbulkan oleh siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang tergabung dalam geng RANGER di pengaruhi adanya faktor agama. Karena dalam mengekspresikan jiwa keberagamaannya kebanyakan remaja yang tergabung dalam geng tersebut memiliki sikap percaya ikut-ikutan. Mereka ikut percaya dan melaksanakan ibadah dan ajaran-ajaran agama sekedar mengikuti suasana lingkungan di mana ia berada, yaitu di lingkungan sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan di rumah saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, S.S, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pelajar, Geng, dan Agresivitas
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 May 2015 14:17
Last Modified: 07 May 2015 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum