REPRESENTASI PEREMPUAN MUSLIM DALAM SINETRON CATATAN HATI SEORANG ISTRI (ANALISIS SEMIOTIKA BERPERSPEKTIF GENDER)

INDAH AINUNNAFIS NOOR WAHDA, NIM. 11540021 (2015) REPRESENTASI PEREMPUAN MUSLIM DALAM SINETRON CATATAN HATI SEORANG ISTRI (ANALISIS SEMIOTIKA BERPERSPEKTIF GENDER). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI PEREMPUAN MUSLIM DALAM SINETRON CATATAN HATI SEORANG ISTRI (ANALISIS SEMIOTIKA BERPERSPEKTIF GENDER))
11540021_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI PEREMPUAN MUSLIM DALAM SINETRON CATATAN HATI SEORANG ISTRI (ANALISIS SEMIOTIKA BERPERSPEKTIF GENDER))
11540021_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan perempuan tidak dapat terlepas dari konstruksi sosial tempat perempuan tersebut berada. Demikian pula dengan perempuan Muslim, keberadaannya selalu diperbincangkan seperti dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini. Representasi perempuan Muslim tersebut terbingkai secara manis oleh media televisi. namun representasi perempuan Muslim tersebut juga telah merepresentasikan ketidakadilan gender. Maka dari itu, penelitian ini penting untuk dilakukan karena melihat sisi dari tampilan media televisi yang tidak banyak dilihat orang dan memerlukan kajian lebih mendalam. Sehingga dari fenomena tersebut, penulis mengangkat judul Representasi Perempuan Muslim dalam Sinetron Catatan Hati Seorang Istri. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui representasi perempuan Muslim dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri, serta untuk mengetahui bentuk ketidakadilan gender dari representasi perempuan Muslim dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri. Sinetron Catatan Hati Seorang Istri dan tokoh- tokoh yang dapat dijadikan sumber dalam menggali data terkait dengan penelitian ini merupakan objek formal, sedangkan objek material dalam penelitian ini adalah wacana kritis mengenai tanda di balik representasi perempuan Muslim dalam sinetron tersebut. Untuk mengetahui representasi perempuan Muslim dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri, penulis menggunakan teori Charles Sanders Peirce dengan konsep triadenya yakni sign, object dan interpretant. Sementara itu, untuk mengetahui ketidakadilan gender dalam representasi perempuan Muslim, penulis menggunakan analisis gender Mansour Fakih yang memanifestasikan bentuk-bentuk ketidakadilan gender dalam lima kategori, yaitu marginalisasi, sub-ordinasi, kekerasan, stereotipe, dan beban kerja ganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa representasi perempuan Muslim dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri adalah perempuan Muslim ditampikan sebagai perempuan yang menjadikan suami sebagai guru dan imam (stereotipe), harus dapat mengurus rumah tangga, mendidik anak dan mejaga kebersihan rumah (beban kerja ganda), memiliki perbedaan wilayah kerja dengan laki-laki (sub-ordinasi), menganggap suami sebagai kunci menuju surga Allah swt (stereotipe), perempuan Muslim adalah perempuan yang melekat pada unsur sensualitas (stereotipe) dan bergantung pada lakilaki (marginalisasi), serta mengalami dan menutupi kekerasan yang dilakukan oleh suami (kekerasan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Adib Sofia, S. S, M. Hum
Uncontrolled Keywords: catatan hati seorang istri
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 May 2015 16:14
Last Modified: 08 May 2015 16:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum