PENGARUH KEPATUHAN SYARIAH DAN MANFAAT EKONOMI TERHADAP MINAT INVESTOR DALAM BERINVESTASI SUKUK NEGARA RITEL SR001-SR005 (Periode 2009-2013)

SURIANI, NIM 1320310011 (2015) PENGARUH KEPATUHAN SYARIAH DAN MANFAAT EKONOMI TERHADAP MINAT INVESTOR DALAM BERINVESTASI SUKUK NEGARA RITEL SR001-SR005 (Periode 2009-2013). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Other (PENGARUH KEPATUHAN SYARIAH DAN MANFAAT EKONOMI TERHADAP MINAT INVESTOR DALAM BERINVESTASI SUKUK NEGARA RITEL SR001-SR005 (Periode 2009-2013))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEPATUHAN SYARIAH DAN MANFAAT EKONOMI TERHADAP MINAT INVESTOR DALAM BERINVESTASI SUKUK NEGARA RITEL SR001-SR005 (Periode 2009-2013))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepatuhan syariah dan manfaat ekonomi terhadap minat investor berinvestasi sukuk Negara ritel SR001- SR005 (periode 2009-2013), serta untuk melihat variabel mana yang lebih berpengaruh dari kepatuhan syariah atau manfaat ekonomi. Kepatuhan syariah dilihat dari rasio DPK bank syariah terhadap bank umum konvensional, sementara manfaat ekonomi dilihat dari harga sukuk Negara ritel, kupon sukuk Negara ritel, suku bunga, kurs dan imbal hasil deposito mudharabah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mencari berbagai variabel yang menjadi objek penelitian. Metode asosiatif untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Hubungan yang digunakan adalah hubungan kausal, yaitu hubungan yang bersifat sebab akibat dimana terdapat variabel-variabel yang mempengaruhi (independent) dan variabel yang dipengaruhi (dependent). Hasil penelitian dengan regresi linear berganda dengan program SPSS 18 menunjukkan secara simultan kepatuhan syariah dan manfaat ekonomi berpengaruh terhadap minat investor berinvestasi sukuk Negara ritel dengan nilai F 53,38%, namun secara parsial kepatuhan syariah yang diukur dengan rasio DPK, dan dari manfaat ekonomi hanya variabel harga sukuk Negara ritel yang berpengaruh terhadap minat investor berinvestasi sukuk, dengan signifikansi 0,000 untuk kepatuhan syariah dan 0,001 untuk harga sukuk Negara ritel. Sementara variabel yang tidak berpengaruh adalah kupon sukuk Negara ritel, suku bunga, kurs dan imbal hasil deposito mudharabah. Rasio DPK dan harga sukuk Negara ritel berpengaruh positif dan signifikan, karena rasio DPK merupakan benchmark dari tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sukuk sebagai investasi berbasis syariah, karena dalam konsep ekonomi Islam, permintaan suatu barang juga menekankan pada halal-haram barang tersebut, dimana mengkonsumsi barang halal berarti meningkatkan utility. Dan harga sukuk Negara ritel berpengaruh signifikan yaitu sesuai teori permintaan dalam teori ekonomi ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besarnya jumlah barang yang diminta oleh konsumen, yaitu harga barang yang bersangkutan, harga barang substitusi/competitor, harga barang komplemen, selera masyarakat/taste, serta pendapatan masyarakat. Kata kunci : Kepatuhan Syariah, Manfaat Ekonomi, Minat Investor, Sukuk Negara Ritel

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Bachrudin, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Syariah, Manfaat Ekonomi, Minat Investor, Sukuk Negara Ritel
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 May 2015 07:54
Last Modified: 11 May 2015 07:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16032

Actions (login required)

View Item View Item