PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA DELIK PENYERTAAN PEMBUNUHAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN MILITER 11 YOGYAKARTA NOMOR 47-K/PM/11-11/AD/VI/2013) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

MUFLIHATUL KHOIROH, NIM. 10370046 (2015) PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA DELIK PENYERTAAN PEMBUNUHAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN MILITER 11 YOGYAKARTA NOMOR 47-K/PM/11-11/AD/VI/2013) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA DELIK PENYERTAAN PEMBUNUHAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN MILITER 11 YOGYAKARTA NOMOR 47-K/PM/11-11/AD/VI/2013) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA DELIK PENYERTAAN PEMBUNUHAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN MILITER 11 YOGYAKARTA NOMOR 47-K/PM/11-11/AD/VI/2013) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstract

Pembunhan disertai penyertaan merupakan tindak pidana pembunuhan yang sering terjadi, akan tetapi sanksi tindak pidana pembunuhan yang disertai penyertaan dengan pembunuhan biasa sangat berbeda. Baik ditinjau dalam hukum pidana Islam maupun dalam hukum pidana positif yang ada dalam KUHP. Dalam kasus tindak pidana penyertaan pembunuhan pelakunya tidak hanya seorang saja, melainkan beberapa orang yang melakukan masing-masing perbuatan yang berbeda peranan dan andilnya. Sehingga berakibat pada konsekuensi hukuman atau sanksi yang dapat dikenakan pada pasing-masing peserta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research). Data-data yang ada dalam skripsi ini merupakan data pustaka yang dapat berupa buku-buku, makalah, jurnal, kitab Undang-undang, surat kabar, ensiklopedi dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah yang dikaji. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pertanggungjawaban pidana delik penyertaan pembunuhan (studi putusan Pengadilan Militer II Yogyakarta Nomor 47-K/PM/II-11/AD/VI/2013) perspektif hukum Islam. Hal itu dapat dilihat dari pokok masalah yang ada dalam skripsi ini dengan memuat penjelasan mengenai tindak pidana penyertaan menurut hukum pidana positif yang berlaku di Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan normatif yaitu pendekatan yang didasarkan pada dalil-dalil normatif yang ada dalam Al-qur’an dan Hadits serta pendapat para fuqaha. Pemecahan masalah yang ada dalam pokok masalah adalah bahwa tindak pidana delik penyertaan pembunuhan merupakan jenis tindak pidana pembunuhan disengaja, karena adanya kesepakatan dan perencanaan terlebih dahulu dari para pelaku. Adapun pertanggungjawaban sanksi terhadap pelakunya adalah dengan hukuman yang sesuai dengan sanksi pada tindak pidana pembunuhan disengaja menurut hokum pidana Islam yaitu dengan hukuman qishash bagi para pelakunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. MAKHRUS MUNAJAT S.H, M.Hum
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 May 2015 08:53
Last Modified: 11 May 2015 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16042

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum