PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS X KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA)

DEASY PRATIWI SANTOSO, NIM. 08410065 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS X KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS X KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS X KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (712kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep buku mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X kurikulum 2013 terbitan Erlangga, (2) mendeskripsikan muatan materi dan evaluasi yang terkandung dalam buku pendidikan agama Islam tingkat SMA kelas X kurikulum 2013 terbitan Erlangga. Adapun kegunaan penelitian ini dapat ditinjau dari dua aspek: (1) secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah pengetahuan tentang konsep buku mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X kurikulum 2013 terbitan Erlangga dan muatan materi dan evaluasi terkandung dalam buku pendidikan agama Islam SMA kelas X kurikulum 2013 terbitan Erlangga. (2) secara praktis penelitian ini memberikan masukan efektif terhadap penulis buku pendidikan agama Islam sejauhmana pendidikan karakter terkonsep dalam materi buku pendidikan agama Islam kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah metode riset perpustakaan (library research) dengan teknik metode analisis isi (Content analisis), yaitu analisis isi merupakan teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep buku mata pelajaran pendidikan agama Islam SMA kelas X terbitan Erlangga kurikulum 2013 sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum 2013. (2) muatan materi dan evaluasi yang ada dalam buku dipetakan menjadi empat kompetensi inti yang ada dalam kurikulum 2013 yaitu sikap keagamaan, sosial, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 May 2015 13:43
Last Modified: 11 May 2015 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum