KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS PELAKSANAAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS N MAGUWOHARJO

IRFAN NURHABIB, NIM. 08410235 (2015) KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS PELAKSANAAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS N MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS PELAKSANAAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS N MAGUWOHARJO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS PELAKSANAAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS N MAGUWOHARJO)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB)

Abstract

Irfan Nurhabib, Korelasi Antara Efektivitas Pelaksanaan Strategi Contextual Teaching And Learning dengan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs N Maguwoharjo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah ini adalah penerapan Contekstual Teaching and Learning (CTL) dianggap perlu dilaksanakan oleh guru guna menghindari dari kegiatan pembelajaran yang menjenuhkan dan tentunya dapat meningkatkan pemahaman siswa serta prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi Contekstual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, untuk mengetahui serapa tinggi prestasi belajar siswa kelas VIII di MTsN Maguwoharjo pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan mngetahui apakah ada korelasi positif antara strategi Contekstual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di MTsN Maguwoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 124 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi. Hasil analisis data penelitian tentang “Korelasi Antara Efektivitas Pelaksanaan Strategi Contextual Teaching And Learning dengan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs N Maguwoharjo” adalah: Pertama, Tingkat efektifitas pelaksanaan strategi contextual teaching and learning pada siswa kelas VIII di MTs N Maguwoharjo dalam kateori tinggi, sebanyak 28 responden atau 88 %, kategori rendah sebanyak 4 responden atau 13%, kategori sedang dan sangat rendah sebanyak 0 responden atau 0% dengan mean sebesar 71,3125 dan standar deviasi sebesar 12,6757. Kedua, Tingkat prestasi belajar Aqidah siswa kelas VIII di MTs N Maguwoharjo dalam kateori tinggi sebanyak 25 responden atau 78%, kategori sedang sebanyak 7 responden atau 22%, kategori sangat rendah dan sangat rendah sebanyak 0 responden atau 0% dengan nilai rata-rata sebesar 8,9622 dengan standar deviasi sebesar 0,36618. Ketiga, Hasil analisis korelasi antara Contextual Teaching and Learning (CTL) dan prestasi belajar diperoleh nilai korelasi 0,696. Hal ini menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 May 2015 14:43
Last Modified: 11 May 2015 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16048

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum