HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN

HANNATUL MALIHAH, NIM. 10410044 (2015) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah menghafal Al Qur’an membutuhkan kemampuan self regulated learning (pengaturan diri dalam belajar) yang baik. Perkembangan kognitif pada masa remaja berada pada level tertinggi, hal ini menunjang siswa untuk menyerap dan mengingat hafalan Al Qur’an dengan baik. Adanya self regulated learning dapat membantu siswa program tahfidz di MA Al Muayyad Surakarta dalam mengatur pola belajarnya sendiri sekaligus bertanggung jawab terhadap apa yang ia pelajari. Namun kenyataan yang terjadi, siswa penghafal Al Qur’an masih belum sadar akan tuntutan hafalan dan tanggung jawab yang harus ia emban. Mereka masih sering membolos sekolah, belum teguh pendirian untuk segera hafal Al Qur’an, serta rasa malas dan jenuh yang sering muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan kemampuan menghafal Al Qur’an. Populasi penelitian ini adalah siswa MA Al Muayyad Surakarta yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Sampling Jenuh, yakni dengan mengambil seluruh populasi penelitian. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket,observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian analisis instrumen meliputi pengujian validitas dan reliabilitas yang menunjukkan bahwa keseluruhan butir item, yakni 30 butir item self regulated learning dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan angka koefisien Alpha Cronbach’s sebesar 0,887. Pengujian normalitas menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi 0,573 untuk variabel self regulated learning dan 0,504 untuk variabel kemampuan menghafal Al Qur’an. Selanjutnya untuk pengujian linieritas menunjukkan bahwa kedua variabel saling berhubungan dengan nilai p (deviation from linearity) = 0,414. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasional Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Self regulated learning menghafal Al Qur’an siswa program tahfidz di MA Al Muayyad Surakarta dilakukan dengan cara menambah hafalan satu halaman dan melakukan takrir atau pengulangan pada waktu setelah subuh dan setelah maghrib setiap harinya. Metode yang digunakan dengan mengulang-ulang satu halaman sampai hafal, kemudian diulang kembali per ayat. 2) Tingkat kemampuan menghafal Al Qur’an pada siswa program tahfidz diketahui bahwa tingkat terendah dari total siswa yang berjumlah 56 anak adalah 1 juz, sedangkan tingkat tertinggi adalah 30 juz. 3) Terdapat korelasi yang positif antara self regulated learning dengan kemampuan menghafal Al Qur’an siswa program tahfidz, dengan nilai koefisien korelasi 0,387.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Self regulated learning, kemampuan menghafal Al Qur’an, siswa program tahfidz.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 May 2015 08:03
Last Modified: 12 May 2015 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum