INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PERHIMPUNAN PEGIAT ALAM GANESHA MUDA (PPA GASDA) SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 PURBALINGGA JAWA TENGAH)

MUHAMMAD IQBAL FAHMI, NIM. 10410066 (2015) INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PERHIMPUNAN PEGIAT ALAM GANESHA MUDA (PPA GASDA) SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 PURBALINGGA JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PERHIMPUNAN PEGIAT ALAM GANESHA MUDA (PPA GASDA) SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 PURBALINGGA JAWA TENGAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PERHIMPUNAN PEGIAT ALAM GANESHA MUDA (PPA GASDA) SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 PURBALINGGA JAWA TENGAH))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah realitas pendidikan karakter terutama karakter disiplin belum dapat terinternalisasi secara ideal kepada siswa. Pendidikan karakter tidak hanya dapat dilakukan di dalam pembelajaran kelas namun juga di dalam Ekstrakurikuler. Sedangkan dari pemetaan beberapa kasus yang ada di SMA Negeri 1 Purbalingga menunjukkan bahwa Ekstrakurikuler PPA Gasda adalah ekstrakurikuler yang memiliki sedikit catatan akan tindakan indisipliner yang dilakukan setiap anggotanya, hal ini menjadi dasar yang menarik untuk diteliti mengingat image organisasi pecinta alam yang selalu identik dengan perilaku anggotanya yang tidak tertib. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses internalisasi karakter disiplin dalam kegiatan ekstrakurikuler PPA Gasda, bagaimanakah hasil internalisasi karakter disiplin dalam kegiatan ekstrakurikuler PPA Gasda, apakah relevansi internalisasi karakter disiplin dengan Pendidikan Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses internalisasi karakter disiplin dalan kegiatan ekstrakurikuler Perhimpunan Pegiat Alam Ganesha Muda (PPA Gasda) serta relevansinya dengan Pendidikan Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Purbalingga, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan kebsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, internalisasi karakter disiplin dalam ekstrakurikuler PPA Gasda dilakukan dalam 5 kegiatan tetap setiap tahunnya, dan ditemukan 7 indikator pencapaian karakter disiplin yang ditanamkan dalam setiap kegiatan. Kedua, Internalisasi karakter disiplin dalam ekstrakurikuler PPA Gasda sangat relevan dengan tujuan pendidikan Islam, terutama dalam proses penanaman setiap indikatornya. Proses karakter disiplin dalam ekstrakurikuler PPA Gasda menggunakan prinsip dimensi yang sama dengan tujuan Pendidikan Agama Islam yaitu: dimensi keimanan, dimensi pemahaman, dimensi penghayatan, dimensi pengalaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Internalisasi Karakter Disiplin, Ekstrakurikuler PPA Gasda, Relevansi, Tujuan Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 May 2015 08:09
Last Modified: 12 May 2015 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum