PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SEBAGAI DAMPAK DARI SHALAT DHUHA BERJAMAAH ( STUDI KASUS PADA PROGRAM PENUNJANG ASPEK AFEKTIF PAI DI SD NU SLEMAN YOGYAKARTA )

BURHANUDIN AMRI, NIM. 10410087 (2015) PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SEBAGAI DAMPAK DARI SHALAT DHUHA BERJAMAAH ( STUDI KASUS PADA PROGRAM PENUNJANG ASPEK AFEKTIF PAI DI SD NU SLEMAN YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SEBAGAI DAMPAK DARI SHALAT DHUHA BERJAMAAH ( STUDI KASUS PADA PROGRAM PENUNJANG ASPEK AFEKTIF PAI DI SD NU SLEMAN YOGYAKARTA ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SEBAGAI DAMPAK DARI SHALAT DHUHA BERJAMAAH ( STUDI KASUS PADA PROGRAM PENUNJANG ASPEK AFEKTIF PAI DI SD NU SLEMAN YOGYAKARTA ))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada zaman yang maju dan serba modern ini, perilaku keagamaan merupakan hal penting sebagai bekal manusia dalam berhubungan baik dengan Sang Pencipta maupun dengan sesama manusia. Hal ini dikarenakan telah banyak ditemui orang-orang yang berpendidikan tinggi, cerdas dan berpengetahuan luas, tetapi justru malah memanfaatkan kecerdasannya itu untuk kepentingan pribadi. Sehingga menyebabkan krisis moral di negara yang tercinta ini. Penelitian ini mengupas secara mendalam bagaimana pembinaan perilaku keagamaan pada anak usia dini yang masih menduduki tingkatan sekolah dasar melalui salah satu kegiatan keagamaan yaitu shalat Dhuha secara berjamaah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SD NU Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan Triangulasi teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Hasil wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi dari Kepala Sekolah, Guru dan siswa tentang kegiatan shalat Dhuha berjamaah di SD NU Sleman Yogyakarta, perilaku keagamaan serta berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan shalat Dhuha tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik, pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan shalat Dhuha berjamaah di SD NU Sleman Yogyakarta sebagai sarana pembinaan perilaku keagamaan siswa dapat dikatakan “berhasil”,meskipun belum sepenuhnya maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sarjono M.Si,
Uncontrolled Keywords: perilaku keagamaan dan shalat dhuha
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 May 2015 08:35
Last Modified: 12 May 2015 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16056

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum