PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE SEBAGAI PENDUKUNG PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN WONOKROMO BANTUL

MUHAMMAD HELMI MUBAROK, NIM. 10410104 (2015) PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE SEBAGAI PENDUKUNG PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE SEBAGAI PENDUKUNG PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE SEBAGAI PENDUKUNG PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Mata Pelajaran Fikih merupakan mata pelajaran yang seringkali mendapat sorotan mengenai profesionalitas guru maupun terhadap metode pengajaran yang dilaksanakan. Proses pembelajaran Fikih pada tingkat MA cenderung membosankan disebabkan karena sebagian besar guru menggunakan metode ceramah dan minim memanfaatkan media pembelajaran. Seiring berkembangnya zaman, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merumuskan kerangka dasar dan struktur kurikulum Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah dalam Permendikbud nomor 69 tahun 2013. Dengan adanya perubahan kurikulum tersebut, guru di tuntut untuk menggunakan pendekatan, metode dan model pembelajaran yang berfungsi untuk mengaktifkan siswa.Perlu kegiatan yang mampu menangani persoalan kemanusiaan bagi peserta didik mengembangkan bakatnya. Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, terutama media komputer akan menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan bagi siswa tanpa meninggalkan substansi pembelajaran yang harus disampaikan. Dengan demikian, guru Fikih dituntut untuk mengembangkan kecakapannya dalam penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran sebagai perwujudan kompetensi profesionalnya Penelitian ini merupakan penelitian Research & Develpment (R&D) yaitu penelitian dan pengembangan Media Pembelajaran Fikih berbantuan Lectora dengan mengambil latar MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Variabel kualitas disusun berdasarkan kriteria Tampilan, Rekayasa Perangkat Lunak, Kurikulum, Materi, Keterlaksanaan, Evaluasi dan Kebahasaan. Analisis dilakukan terhadap masing-masing komponen yang ada dalam Media Pembelajaran Fikih berbantuan Lectora Inspire. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu Tahap Analisis, Tahap Perencanaan Desain, Tahap Pengembangan dan Produksi, Tahap Implementasi dan Tahap Evaluasi. Hasil penilaian oleh 2 penilai ahli media, 2 penilai ahli Fikih dan 2 Guru Fikih terhadap media pembelajaran yang disusun ini menyatakan bahwa media pembelajaran telah memenuhi kriteria Baik dengan mendaatkan nilai 4,2 atau B (Baik) dan penilaian dari 10 siswa mendapatkan nilai 4,1 atau B (Baik). Sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lectora Inspire, Discovery Learning,Pembelajaran Fikih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 May 2015 09:40
Last Modified: 12 May 2015 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16057

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum