INTEGRASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

WARDATUN NIDA, NIM. 11410001 (2015) INTEGRASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (889kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masalah praktik tindak pidana korupsi yang terjadi di berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Menyadari kondisi tersebut, perlu adanya solusi konkret dan berkelanjutan. Dalam hal ini, Pendidikan Agama Islam bisa dijadikan alat untuk mengatasi dan mencegah tindak pidana korupsi melalui integrasi nilaiantikorupsi yang disisipkan ke dalam pembelajaran baik secara kurikuler dalam unsur materi PAI (Al-Qur’an Hadits, Akidah, Akhlak, Fiqih, dan SKI) maupun secara ekstrakurikuler. Hal tersebut telah diterapkan di SMA Negeri 7 Yogyakarta, yang mengintegrasikan nilai antikorupsi melalui pembelajaran PAI. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan integrasi antikorupsi dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 7 Yogyakarta. (2) Mengetahui metode yang digunakan guru PAI dalam menanamkan pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta, dan (3) Mengetahui hasil yang dicapai PAI dalam melaksanakan integrasi pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi. Pendekatan ini dipilih karena mempelajari segala tindakan dan pandangan hidup manusia yang mengintegrasikan ajaran agama dalam dirinya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Integrasi pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta dilakukan melalui tahap: Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi. (2) Terdapat metode yang digunakan oleh guru maupun pihak sekolah dalam integrasi pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta, baik yang diterapkan dalam kegiatan kurikuler maupun yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. (3) Hasil pelaksanaan Integrasi nilai antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta diperoleh melalui terapan perilaku peserta didik. Integrasi pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta dilaksanakan dengan berbagai usaha dari pihak sekolah khususnya guru PAI dalam kelas dan pelaksanaan ekstrakurikuler oleh para pembina. Keduanya sudah dilaksanakan dengan baik, hanya perlu dikosistenkan dalam pelaksanaan sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M,Pd.,
Uncontrolled Keywords: Integrasi Pendidikan Antikorupsi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 May 2015 12:04
Last Modified: 12 May 2015 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum