EFEKTIVITAS PEMBINAAN KEMANDIRIAN SANTRI MELALUI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER KERJA KERAS DI PONDOK PESANTREN ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL

ARVICA AGUSTINA SYAH PUTRI, NIM. 11410032 (2015) EFEKTIVITAS PEMBINAAN KEMANDIRIAN SANTRI MELALUI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER KERJA KERAS DI PONDOK PESANTREN ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBINAAN KEMANDIRIAN SANTRI MELALUI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER KERJA KERAS DI PONDOK PESANTREN ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBINAAN KEMANDIRIAN SANTRI MELALUI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER KERJA KERAS DI PONDOK PESANTREN ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari atas kenyataan bahwa masih rendahnya tingkat kemandirian yang dicapai oleh peserta didik di Indonesia yang menyebabkan pertambahan jumlah pengangguran di Indonesia. Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul sebagai lembaga pendidikan islam tidak hanya membekali peserta didik dengan kematangan ilmu agama dan ilmu umum saja. Disini setiap santri juga dibekali dengan skill kewirausahaan sebagai upaya membina kemandirian santri. Penelitian ini mempertanyakan bagaimana proses pembinaan kemandirian santri melalui program kewirausahaan, apa saja faktor penghambat dan pendukungnya, serta bagaimana implikasi pembinaan kemandirian santri terhadap karakter kerja keras santri, dan bagaimana tingkat efektivitas pembinaan kemandirian dan kerja keras santri melalui program kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu triangulasi teknik (observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner), dan triangulasi sumber (pimpinan pesantren dan 10 santri). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembinaan kemandirian santri dilakukan dengan 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan meliputi perencanaan pesantren dan perencanaan pembimbing. Tahap pelaksanaan pembinaan kemandirian santri dilakukan dengan 2 proses, yaitu proses pembinaan pengetahuan santri dan pembinaan keterampilan santri di bidang wirausaha. Tahap evaluasi dilakukan dengan cara mengadakan diskusi mendalam dengan para santri dan dengan melihat proses keterampilan santri secara langsung (2) Adapun faktor pendukung dalam pembinaan kemandirian santri yakni SDM, dan tugas fungsi, dan sarana prasarana yang dimiliki serta faktor penghambat yakni motivasi santri, peranan keluarga santri, minimnya dana yang dimiliki pesantren (3) Pembinaan kemandirian melalui program kewirausahaan berimplikasi pada karakter kerja keras santri yakni energik, disiplin, berinisiatif, rajin/teratur, ketulusan, kerjasama, percaya diri, ulet, teliti. Tingkat efektivitas pembinaan kemandirian dan implikasinya terhadap karakter kerja keras santri melalui program kewirausahaan adalah sangat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Santri, Program Kewirausahaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 May 2015 13:31
Last Modified: 12 May 2015 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum