KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI DAN SPIRITUAL DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO

HAVIVAH SITI MUTHOHAROH, NIM. 11410033 (2015) KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI DAN SPIRITUAL DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI DAN SPIRITUAL DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI DAN SPIRITUAL DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan di era modern ini sudah sangat jauh dari kriteria insan kamil. Sekolah-sekolah bahkan perguruan tinggi banyak meluluskan peserta didik yang menunjukkan sikap kurang terpuji, seperti terlibat tawuran, melakukan tindakan kriminal, hingga penyimpangan seksual. Belum lagi banyaknya pengangguran dari lapisan berpendidikan tinggi yang menambah daftar hitam dunia pendidikan di Indonesia. Hal tersebut diakibatkan karena selama ini di sekolah hanya menekankan intelligent siswa saja, sehingga seringkali emosional dan spiritual siswa kurang mendapat sorotan dari pihak sekolah. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah mengenai bagaimana pelaksanaan PAI terkait dengan pengembangan kecerdasan emosi dan spiritual, dan bagaimana kontribusi PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual di SMA Negeri 10 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis mengenai pelaksanaan dan kontribusi PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual siswa SMA Negeri 10 Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA Negeri 10 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni meng-crosscheck-kan hasil wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam pengembangan emosi dan spiritual di SMA Negeri 10 Purworejo yakni dilakukan secara langsung dan tatap muka antara guru dengan siswa sudah baik dan mendukung program pengembangan kecerdasan emosi dan spiritual. Hal ini terlihat dari persiapan hingga pelaksanaan pembelajaran, perumusan tujuan pembelajaran hingga pada tahap evaluasi pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan terstruktur. Materi PAI yang berhubungan dengan kecerdasan emosi dan spiritual antara lain tentang Iman kepada kitab Allah, taat kepada aturan, sikap toleran dan rukun. (2) Kontribusi PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual siswa adalah melalui materi yang diajarkan dalam KBM. Adapun unsur kecerdasan emosi dan spiritual yang dikembangkan antara lain: jujur, adil, tanggung jawab, peduli, visioner, disiplin, dan peduli. Selain melalui materi pembelajaran, kecerdasan emosi dan spiritual siswa juga dikembangkan melalui program-program pengembangan PAI maupun ekstrakurikuler sekolah, seperti: kegiatan sholat dhuhur berjama‟ah, hadroh, kegiatan pesantren kilat Ramadhan, dan PHBI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Pendidikan, Kecerdasan Emosi dan Spiritual
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 May 2015 09:39
Last Modified: 13 May 2015 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum