PELAKSANAAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL-RELIGIUS DALAM MODEL PEMBELAJARAN PAI YANG DEMOKRATIS KELAS X DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

DIAN ANGGINI, NIM. 11410067 (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL-RELIGIUS DALAM MODEL PEMBELAJARAN PAI YANG DEMOKRATIS KELAS X DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL-RELIGIUS DALAM MODEL PEMBELAJARAN PAI YANG DEMOKRATIS KELAS X DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL-RELIGIUS DALAM MODEL PEMBELAJARAN PAI YANG DEMOKRATIS KELAS X DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (581kB)

Abstract

Latar belakang dari masalah penelitian ini adalah perkembangan jaman yang semakin maju seiring arus globalisasi, sehingga tidak menutup kemungkinan berbagai budaya, bahasa, dan latar belakang baru untuk masuk dalam kehidupan sehari-hari.Oleh karena itu, pendidikan dengan menghargai perbedaan berbagai budaya menjadi sangat penting. Hal tersebut juga tak lepas dari pendidikan religius (agama) terutama Islam. Tapi kenyataanya, masih banyak pendidikan agama yang kurang maksimal diterapkan dalam budaya sekolah. Pembelajaran agamapun masih banyak yang hanya sekedar doktrin-doktrin yang fanatik yang kurang mempedulikan perbedaan. Sehubungan hal tersebut, SMA N 5 Yogyakarta mempunyai model pembelajaran yang efektif dalam melaksanakan pendidikan multikultural-religius. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan multikultural-religius di sekolah ini baik konsep maupun praktiknya dan pelaksanaan pendidikan multikultural-religius dalam model pembelajaran PAI yang demokratiskelas X di SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, siswa, dan karyawan SMA N 5 Yogyakarta. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pendidikan multikultural-religius di SMA N 5 Yogyakarta dilakukan secara konseptual dan aplikatif yang meliputi nilai toleransi, nilai demokrasi, nilai persaudaraan dan nilai nasionalisme. Secara konsep dapat dilihat dari visi, misi, dan lainnya. Sedangkan secara aplikatif,pelaksanaannya adadi dalam budaya sekolah yang merupakan religious culture, diantaranya pagi simpati, pengajian rutin, pengajian kelas, kotak geser (gerakan seratus rupiah), dan lainnya. 2) Pendidikan multikultural-religius dalam model pembelajaran PAI yang demokratis kelas X dapat dilihat dari pembelajaran yang menggunakan pendekatan deduktif-induktif dan student center. Sedangkan metode pembelajaran bersifat kontekstual dengan contextual teaching learning dan active learning method. Disini peran guru PAI meliputi fasilitator, counselor, dan evaluator.Adapun output dari pembelajaran PAI yang demokratis dalam melaksanakan pendidikan multikultural-religius ini diantaranyaadalah berpikir kritis dan saling menghargai, menumbuhkan kerjasama yang baik antar siswa maupun antar guru, minimnya prasangka negatif, dan persaingan sehat dalam mencapai prestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 May 2015 13:44
Last Modified: 13 May 2015 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16066

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum