KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “SERIAL DISKUSI TASAWUF MODERN” DAN IMPLIKASI TEORITIKNYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN AGUS MUSTOFA)

ALIFA SINTYA GATRI, NIM. 11410082 (2015) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “SERIAL DISKUSI TASAWUF MODERN” DAN IMPLIKASI TEORITIKNYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN AGUS MUSTOFA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “SERIAL DISKUSI TASAWUF MODERN” DAN IMPLIKASI TEORITIKNYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN AGUS MUSTOFA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “SERIAL DISKUSI TASAWUF MODERN” DAN IMPLIKASI TEORITIKNYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN AGUS MUSTOFA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (621kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena adanya kesenjangan dalam bertasawuf di era modern. Di satu sisi, golongan yang khusyu‟ bertasawuf tidak memiliki andil dalam dunia modern, sedangkan di sisi lain manusia yang eksis dalam dunia modern justru jauh dari tasawuf. Sekolah yang merupakan basis tercapainya tujuan pendidikan juga belum memberikan dampak dalam membentuk akhlakul karimah. Dari realitas tersebut, buku Agus Mustofa dapat dijadikan rujukan untuk memahami kembali makna tasawuf yang bisa dikontekskan sepanjang zaman sehingga tetap bertasawuf di dunia modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dan implikasi teoritik buku “Serial Diskusi Tasawuf Modern” dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian pustaka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etis yaitu merumuskan nilai ideal sebagai solusi. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu buku “Beragama Dengan Akal Sehat” dan data sekunder menggunakan buku Agus Mustofa yang berjudul “Bersatu Dengan Allah”, “Memahami Al-Qur‟an Dengan Metode Puzzle”, “Menjadi Haji Tanpa Berhaji”, “Metamorfosis Sang Nabi” serta buku-buku yang relevan dengan penelitian. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan studi pustaka yang dianalisis dengan cara deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam buku “Serial Diskusi Tasawuf Modern” terdapat dua konsep, yaitu : (1) Konsep akhlak terhadap Allah meliputi memurnikan tauhid, berislam secara kaaffah, amar ma’ruf nahyi munkar, memaksimalkan potensi akal agar dapat memahami ayat-ayat kauniyah, mengamalkan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari. (2) Konsep akhlak terhadap sesama manusia meliputi menghargai perbedaan (tidak mendogma), sosial-kemanusiaan, mengkaji praktek beragama Rasul, membuat kesepakatan bersama demi kemaslahatan umat, menebarkan rahmat bagi sekitar, berperan serta dan tanggung jawab di lingkungan masyarakat. Konsep tersebut sesuai dengan konsep, tujuan, ruang lingkup, prinsip serta misi PAI yang berimplikasi melatih kemampuan kerja otak serta kemampuan kerja hati yang diseimbangkan dengan Qur‟an agar menjadi pribadi yang berakal sehat. Keterpaduan antara kerja otak dan kerja hati tersebut yang akan menghidupkan ruh akhlakul karimah sehingga Pendidikan Agama Islam tidak hanya menanamkan teori saja, namun juga membentuk insan kamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Tasawuf Modern
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 May 2015 06:59
Last Modified: 13 May 2015 06:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item View Item