PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS UNTUK MENCEGAH KENAKALAN REMAJA KARENA PENGARUH MODERNISASI PADA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

NITASARI, NIM. 11410092 (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS UNTUK MENCEGAH KENAKALAN REMAJA KARENA PENGARUH MODERNISASI PADA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS UNTUK MENCEGAH KENAKALAN REMAJA KARENA PENGARUH MODERNISASI PADA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (45MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS UNTUK MENCEGAH KENAKALAN REMAJA KARENA PENGARUH MODERNISASI PADA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitin ini adalah bahwa idealnya siswa memiliki sikap/ tingkah laku yang baik, menaati tata tertib dsb. Selain itu pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama seharusnya sudah mampu memahami agama secara baik. Agama yang seharusnya berfungsi sebagai filter dalam menghadapi pengaruh modernisasi, tetapi pada kenyataannya banyaknya siswa SMP Pembangunan Piyungan Bantul Yogyakarta yang melakukan tindakan menyimpang seperti: perilaku siswa tidak sesuai dengan tata tertib yang berlaku, merokok pada saat jam sekolah, membolos pada saat jam pelajaran berlangsung dsb. Hal ini di pengaruh oleh modernisasi yang disalah artikan oleh para siswa. Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mempunyai peran untuk meningkatkan religiusitas untuk mencegah kenakalan remaja karena pengaruh modernisasi agar para siswa senantiasa menjaga perilakunya. Tujuan penelitian (1) Mengetahui pelaksanaan konsep religiusitas pada kelas VIII di SMP Pembangunan Piyungan Bantul Yogyakarta. (2) Mengetahui proses penanaman religiusitas untuk mencegah kenakalan remaja karena pengaruh modernisasi pada kelas VIII di SMP Pembangunan Piyungan Bantul Yogyakarta. (3) Mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan religiusitas untuk mencegah kenakalan remaja karena pengaruh modernisasi pada kelas VIII di SMP Pembangunan Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP Pembangunan Piyungan Bantul Yogyakarta terutama pada kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, dimana dengan cara mengecek pada sumber yang sama dengan cara yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan konsep religiusitas pada kelas VIII di SMP Pembangunan Piyungan Bantul Yogyakarta tidak hanya sebatas penguatan akan doktrin saja, akan tetapi sampai kedalam contoh dan pembiasaan. (2) Proses penanaman religiuistas untuk mencegah kenakalan remaja dalam pengaruh modernisasi melalui 2 cara yaitu: dalam kelas dan luar kelas. Dalam kelas: pendekatan mata pelajaran, amaliyah sehari-hari, pemberian motivasi, penggunaan strategi dan metode mengajar. Luar kelas: pembiasaan senyum, sapa, dan salam, shalat jama’ah, peringatan hari besar Islam, zakat fitrah, sistem kenaikan kelas, Hadroh dan Qiraati Qur’an. (3) Dalam melaksanaan peran bahwa adanya pengaruh positif dari peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan religiusitas untuk mencegah kenakalan remaja karena pengaruh modernisasi, karena hasil yang dicapai menunjukan sebagian besar subyek penelitian sudah mulai terbiasa untuk selalu menunjukan sikap religiusitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Budi Pekerti, Meningkatkan Religiusitas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 May 2015 15:16
Last Modified: 13 May 2015 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16068

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum