PENGARUH PEMAKAIAN BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013 TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

KHANIFAH INABAH, NIM. 11411022 (2015) PENGARUH PEMAKAIAN BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013 TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMAKAIAN BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013 TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMAKAIAN BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013 TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)

Abstract

KHANIFAH INABAH. Pengaruh Pemakaian Buku Tek Pelajaran Kurikulum 2013 terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah dampak dari implementasi Kurikulum 2013 salah satunya berupa penyusunan buku teks pelajaran yang disiapkan langsung dari pemerintah. Namun tingkat efektivitas buku tersebut belum diketahui. Terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang banyak mengalami perubahan. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; bagaimana pemakaian buku teks pelajaran Kurikulum 2013 dan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X di SMA Negeri 1 Yogyakarta; adakah pengaruh pemakaian buku teks pelajaran Kurikulum 2013 tersebut dan seberapa besar pengaruhnya terhadap efektivitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas X SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana pemakaian buku teks pelajaran Kurikulum 2013 dan efektivitas pembelajarannya serta pengaruhnya. Jenis dan penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 284 siswa. Pengambilan sample dilakukan secara acak (random sampling). Ukuran sample ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5% sehingga berdasar rumus Yamane jumlah sampelnya sebanyak 74 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product moment serta alpha cronbach. Analisis data dan penentuan hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, pemakaian Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013 di SMA N 1 Yogyakarta dilaksanakan dengan baik. Kedua, efektivitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 1 Yogyakarta berjalan dengan baik. Ketiga, pemakaian Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013 di SMA N 1 Yogyakarta berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajarannya. Berdasarkan koefisien regresi variabel pemakaian buku teks K13 (X) sebesar 0,675. Hal ini berarti bahwa apabila pemakaian buku teks Kurikulum 2013 diterapkan atau bernilai 1, maka efektivitas pembelajaran akan meningkat sebesar 0,675 dan bernilai positif atau searah. Keempat, besarnya pengaruh pemakaian Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013 terhadap efektivitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 1 Yogyakarta sebesar 62,9% sesuai dengan Koefisien Determinasi (R2), sedangkan sisanya 37,1% dipengaruhi oleh selain pemakaian Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 May 2015 11:37
Last Modified: 18 May 2015 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16080

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum