METODE PEMBELAJARAN BALAGHAH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB JAUHARUL MAKNUUN BAGI SISWA INDONESIA

NURIZ ZAMAN HARDIYANTO, NIM. 09420031 (2015) METODE PEMBELAJARAN BALAGHAH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB JAUHARUL MAKNUUN BAGI SISWA INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN BALAGHAH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB JAUHARUL MAKNUUN BAGI SISWA INDONESIA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN BALAGHAH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB JAUHARUL MAKNUUN BAGI SISWA INDONESIA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap bahasa semuanya mempunyai gramatika. Mempelajari gramatika bahasa adalah modal awal untuk kita bisa menulis, membaca, dan menganalisis kalimat. Karena itulah belajar gramatika merupakan suatu kewajiban bagi pelajar bahasa dan sastra Arab. Balaghah merupakan ilmu lanjutan dari Nahwu dan Sharaf, adalah ilmu yang membahas tentang tata bahasa Arab yang di tinjau dari situasi, kondisi, dan keindahan suatu kalimat. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah 1) mengkaji bagaimana metode pembelajaran Balaghah yang sesuai dan relevan dengan menggunakan kitab Jauharul Maknuun bagi siswa Indonesia. 2) mengkaji bagaimana kompetensi guru untuk pelaksanaan pembelajaran balaghah. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif yaitu memfokuskan diri pada studi kepustakaan (library research), dimana penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber yang didapat dari buku-buku dan tulisan-tulisan ilmiah lainnya dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Hasil dari penelitian pelaksanaan pembelajaran Balaghah dalam kitab Jauharul Maknuun bagi siswa Indonesia ini adalah, 1) pembelajaran Balaghah di Indonesia harus benar-benar memahami situasi dan kondisi siswa, dengan dibantu media yang bisa menunjang pemahaman siswa terhadap Balaghah, dan didukung dengan disiplin ilmu lain untuk mempermudah pembelajaran, 2) latar belakang pendidikan dan kompetensi guru yang fokus terhadap bahasa dan sastra Arab, akan lebih kompeten sebagai tenaga pengajar Balaghah. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah proses pembelajaran Balaghah untuk siswa di Indonesia harus benar-benar ditunjang dengan media dan metode pembelajaran yang memiliki tujuan dan proses pembelajaran jelas, dan yang memudahkan siswa memahami materi, selain itu kompetensi guru juga akan menunjang keberhasilan pembelajaran, seperti latar belakang fokus pendidikan guru terhadap bahasa dan sastra Arab, memiliki standar kompetensi guru nasional, dan menguasai gramatika bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Adzfar Ammar, M.A
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Balaghah, Siswa Indonesia
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 May 2015 14:02
Last Modified: 18 May 2015 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum