KECEMASAN DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DIAH ASTUTI, NIM. 12220103 (2016) KECEMASAN DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KECEMASAN DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12220103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KECEMASAN DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12220103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (933kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh ketidakjelasan nasib mahasiswa akhir terkait dengan masa depannya yakni pekerjaan. Padahal mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2012 yang sudah mendapat banyak pembelajaran baik teori maupun praktik, idealnya sudah memiliki kemampuan untuk mempersiapkan dengan baik pekerjaan yang akan mereka tekuni setelah lulus kuliah. Namun ternyata sebaliknya, mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2012 mengalami kecemasan nanti setelah lulus tidak mendapatkan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi yang ditimbulkan oleh kecemasan dalam mendapatkan pekerjaan dan upaya yang dilakukan mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2012 untuk mengurangi kecemasan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) reaksi yang ditimbulkan oleh kecemasan dalam mendapatkan pekerjaan pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam adalah reaksi emosional berupa perasaan sedih dan mencela diri sendiri, dan reaksi kognitif berupa bingung, khawatir, dan takut. 2) Upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengurangi kecemasan yang berkaitan dengan reaksi emosional adalah sharing, sedangkan yang berkaitan dengan reaksi emosional adalah mencari informasi kerja, orientasi profesi, dan berpikir positif dengan cara memberikan penjelasan realistis dan yakin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Pekerjaan, Mahasiswa.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Apr 2016 09:19
Last Modified: 29 Apr 2016 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum