KONSEP PENDIDIKAN MENURUT IMAM GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

RINDA MAYA SAFITRI, NIM. 10420104 (2015) KONSEP PENDIDIKAN MENURUT IMAM GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN MENURUT IMAM GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN MENURUT IMAM GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)

Abstract

Rinda Maya Safitri. Konsep Pendidikan Menurut Imam Ghazali dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan menurut Imam Ghazali pada pendidikan bahasa Arab, relevansinya dengan pembelajaran bahasa Arab di Jurusan PBA serta kelebihan dan kekurangan konsep pendidikan Imam Ghazali pada pendidikan bahasa Arab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subyek penelitian ini adalah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan objek penelitiannya yaitu segala sesuatu tentang pembelajaran bahasa Arab. Seperti tujuan, metode pembelajaran, pendidik dan lainnya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, konsep pendidikan menurut Imam Ghazali pada pembelajaran bahasa Arab hanya sebatas memahami Al- Qur’an dan Al-Hadis dengan menggunakan metode Gramatika-Terjemahan (Thariqah al-Qawa’id wa al-Tarjamah) dan metode Membaca. Kedua, konsep pendidikan Imam Ghazali yang mencakup tujuan, materi, pendidik dan anak didik serta metode, menunjukkan cukup relevan dengan pembelajaran bahasa Arab. Ketiga, kelemahan konsep ini terletak pada aspek metode yang kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa Arab di Jurusan PBA, sedangkan pendidikan kuratif atau pendidikan tidak langsung merupakan kelebihan konsep pendidikan Imam Ghazali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konsep pendidikan Imam Ghazali, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2015 08:45
Last Modified: 20 May 2015 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum