PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMENTASI PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA)

ANGGRAINI KHOIROTUL UMMAH, NIM. 11420013 (2015) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMENTASI PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMENTASI PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMENTASI PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

ANGGRAINI KHOIROTUL UMMAH. Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab (Studi Eksperimentasi Pada Siswa Kelas X MAN Godean Sleman Yogyakarta). Skripsi Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakulatas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2015. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di MAN Godean Sleman Yogyakarta, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan media gambar dan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas X IIA 1 MAN Godean Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, penggunaan media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dimulai dengan guru membagikan media gambar kepada siswa, kemudian siswa mengamati kosakata-kosakata yang terdapat pada media gambar. Dari kosakata itu kemudian siswa berlatih membuat kalimat sederhana. Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control. Perbedaaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pre-test ke post-tes pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pre-tes sebasar 51,8621 dan nilai post-tes sebesar 77,8276 pada kelas eksperiemen, sedangkan pada kelas control rata-rata nilai pre-tes sebesar 57,9259 dan nilai posttest sebesar 67,4074. Dari sini bisa dilihat perubahan yang paling signifikan adalah perubahan nilai pre-test ke post-test pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan media gambar terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas X MAN Godean Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ahmad Rodli, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Eksperimen, Media Gambar, Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2015 09:10
Last Modified: 28 Jul 2017 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16091

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum