STRATEGI PEMBERDAYAAN ANAK ASUH MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN LIFE SKILLS DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHU’AFA DARUN NAJAH YOGYAKARTA

ASOKAWATI, NIM 10470026 (2015) STRATEGI PEMBERDAYAAN ANAK ASUH MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN LIFE SKILLS DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHU’AFA DARUN NAJAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN ANAK ASUH MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN LIFE SKILLS DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHU’AFA DARUN NAJAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN ANAK ASUH MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN LIFE SKILLS DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHU’AFA DARUN NAJAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (995kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari melihat realita yang ada sekarang ini masih banyaknya anak-anak dari kalangan menengah kebawah (yatim dan dhu‟afa) yang putus sekolah karena tidak adanya biaya untuk melanjutkan sekolah dan pentinganya pemberdayaan peserta didik (anak asuh) yang kurang mampu tersebut supaya mendapat penghidupan yang layak dan pentingnya peranan lembaga pendidikan yang bisa melahirkan peserta didik yang siap pakai setelah lulus nantinya, baik ketika melanjutkan atau tidak melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. Dengan memberikan pendidikan tidak hanya berupa pendidikan akademik dan agama saja akan tetapi juga memberikan pendidikan keterampilan yang diwujudkan melalui program pengembangan life skills. Maka perlu diadakannya penelitian yang bertujuan untuk memberdayaan anak asuh yaitu dengan strategi pemberdayaan anak asuh melalui program pengembangan life skills yang ada di Panti Asuhan Yatim dan Dhu‟afa Darun Najah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif kulalitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, indept interviews atau wawancara mendalam, dan dokumentasi serta menggunakan teknik pengolahan data dalam bentuk uraian naratif dan dari uraian tersebut ditarik kesimpulan yang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam program pengembangan life skills di Panti Asuhan Yatim dan Dhu‟afa Darun Najah, terdapat dua bentuk yaitu pengembangan life skills yang bersifat umum (general life skills) dan life skills yang bersifat khusus (specifik life skills). Hasil dari pengembangan life skills yang bersifat umum yaitu program tahfiẓul Qur‟an, MADIN, pengajian masyarakat, program pelatihan da‟i dan santunan anak yatim. Sedangkan di pengembangan life skills yang bersifat khusus terdiri dari pendidikan kewirausahaan yang menghasilkan keterampilan masak dan keterampilan tangan, pelatihan keterampilan jurnalistik, pelatihan pendidikan IT, keterampian bahasa asing dan keterampilan hadroh. Tujuan dari hasil program pengembangan life skills diantarannya yaitu dapat mengembangkan bakat minat anak asuh dalam mental jiwa wirausaha, mengasah kemampuaan seni, menambah dan mengasah kemampuan dibidang akademik, melatih jiwa sosial serta melatih anak asuh untuk bisa mandiri dan mempunyai jiwa religiusitas yang baik. Salah satunya dibuktikan dengan adanya sekitar 50% anak asuh yang sudah hafal Al-Qur‟an juz 30 dan surat-surat pilihan. Kata Kunci : Pemberdayaan Anak Asuh, Pengembangan Life Skills.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Juwariyah, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Anak Asuh, Pengembangan Life Skills.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 May 2015 08:20
Last Modified: 22 May 2015 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16095

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum