METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL (TINJAUAN NAHWU SHARAF)

MARLINA DWI ASTUTI, NIM. 11420054 (2015) METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL (TINJAUAN NAHWU SHARAF). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL (TINJAUAN NAHWU SHARAF))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL (TINJAUAN NAHWU SHARAF))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Marlina Dwi Astuti, 11420054, “Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo Bantul (Tinjauan Nahwu Sharaf)”. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan metode Sorogan di pondok pesantren Fadlun Minalloh, sekaligus mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang disertai dengan upaya untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Metode Sorogan ini merupakan salah satu metode tradisional yang masih diterapkan di pondok pesantren Fadlun Minalloh. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bermaksud untuk memahami tentang gejala/fenomena yang dialami oleh subyek penelitian, misalnya tentang perilaku, persepsi, maupun tindakan secara menyeluruh. Pada suatu konteks yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah, kemudian mendeskripsikannya dalam bentuk kata-kata dan bahasa yang baku. Untuk mendapatkan data yang konkrit dalam penelitian di lapangan, maka penulis menggunakan penelitian studi kasus, untuk menjelaskan dan menguraikannya secara komprehensif mengenai beberapa aspek seorang individu, kelompok, organisasi/komunitas, suatu program dan situasi sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode Sorogan ini memang sangat relevan dengan kondisi para santri, sehingga berjalan dengan lancar dan sangat mendukung santri dalam memahami kitab kuning. Dengan metode Sorogan, santri menjadi lebih aktif dalam menemukan maupun memecahkan suatu masalah, hal ini disebabkan karena proses pelaksanaan pembelajaran berjalan secara individual. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan bagi para ustadz ketika akan menentukan metode apa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran kitab kuning khususnya di pondok pesantren Fadlun Minalloh, dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Sorogan,Kitab Kuning, Nahwu Sharaf.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 May 2015 08:43
Last Modified: 22 May 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum