PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA TAHFIDZ MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME

HUSNA ROSIDAH, NIM. 11420109 (2015) PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA TAHFIDZ MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA TAHFIDZ MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA TAHFIDZ MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

HUSNA ROSIDAH (11420109). Pengaruh kemampuan menghafal Al Qur‟an terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa tahfidz MTs YAPI Pakem sleman Yogyakarta ditinjau dari perspektif teori behaviorisme. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh hafalan Al Qur‟an terhadap prestasi bahasa Arab khusus kepada siswa tahfidz di Mts YAPI Pakem Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa tahfidz MTs YAPI Pakem, guru sekaligus coordinator tahfidz MTs YAPI Pakem, Guru bahasa Arab MTs YAPI Pakem dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif statistic. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: Dari pemaparan hasil penelitian yang berjudul Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta Ditinjau Dari Perspektif Teori Behaviorisme, bahwa kegiatan tahfiz Al Qur‟an yang dilaksanakan di MTs YAPI Pakem dapat mempengaruhi prestasi belajar bahasa arab. Hal ini dibuktikan dari data yang diperoleh peneliti dengan mengambil sampel penelitian yang berjumlah 32 siswa kelas tahfidz MTs YAPI Pakem. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data penelitian dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh sebesar 0,795 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan “r” table product moment dengan N = 32 dan taraf signifikansi 5% diperoleh “r” table sebesar 0,349. Dengan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa lebih besar dari “r” table (0,795 >0.349) yang berarti bahwa ada pengaruh yang positif antara hafalan Al – Qur‟an dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas tahfidz MTs YAPI Pakem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Adzfar Ammar
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengaruh, hafalan Al Qur‟an, pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2015 09:05
Last Modified: 18 Jan 2017 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum