PENERAPAN METODE OUTBOUND FUN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)

MOH. EDI KOMARA, NIM. 11420115 (2015) PENERAPAN METODE OUTBOUND FUN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE OUTBOUND FUN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE OUTBOUND FUN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Moh Edi Komara, 11420115. “Penerapan Metode Outbound Fun Game dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X Man LAB UIN Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015)”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia masih belum sempurna. Artinya masih banyak problematika yang ditemukan seperti dari aspek pengajar, metode dan media. Dari aspek metode, guru cenderung mempertahankan metode klasiknya dibandingkan mencoba untuk mengeksplorasi berbagai macam metode yang telah banyak disarankan oleh peneliti dalam pembelajaran bahasa Arab. Kecenderungan tersebut merupakan salah satu faktor utama yang mendasari minat dan hasil belajar siswa, metode pembelajaran outbound fun game menawarkan solusi dengan konsep pembelajaran berbasis alam terbuka yang banyak mengandung unsur permainan menyenangkan dan dapat dirasakan langsung oleh siswa sehingga peningkatan minat, motivasi dan hasil belajar siswa dapat terlihat selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode outbound fun game dalam pembelajaran bahasa Arab dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode outbound fun game di kelas X MAN LAB UIN Yogyakarta. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 31 orang untuk kelas eksperimen dan 31 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji mann_whitney nilai post_tes antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan nilai signifikansi < 5%, H1 diterima dan nilai signifikansi > 5%, H0 diterima. Nilai signifikansi mahārah al-istimā 0,001 < 5%, H1 diterima. Nilai signifikansi mahārah al-kalām 0,007< 5%, H1 diterima. Mahārah al-qirā’ah diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000< 5%, H1 diterima. Nilai signifikansi mahārah al-kitābah diperoleh 0,219> 5%, H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui metode outbound fun game pada pembelajaran bahasa Arab di kelas X MAN LAB UIN Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : R. UMI BAROROH, M.Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2015 09:20
Last Modified: 25 May 2015 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16108

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum