TELAAH BAHAN AJAR MAHIR BAHASA ARAB 1 BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN KARYA ROWI DKK. (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN MATERI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN KEGRAFIKAN)

HAFSHAH NURLAILA, NIM. 11420131 (2015) TELAAH BAHAN AJAR MAHIR BAHASA ARAB 1 BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN KARYA ROWI DKK. (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN MATERI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN KEGRAFIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH BAHAN AJAR MAHIR BAHASA ARAB 1 BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN KARYA ROWI DKK. (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN MATERI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN KEGRAFIKAN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TELAAH BAHAN AJAR MAHIR BAHASA ARAB 1 BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN KARYA ROWI DKK. (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN MATERI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN KEGRAFIKAN))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hafshah Nurlaila, Telaah Bahan Ajar Mahir Bahasa Arab 1 Berbasis Kurikulum 2013 untuk Kelas X Madrasah Aliyah Program Keagamaan Karya Rowi dkk. (Tinjauan dari Segi Kelayakan Materi, Penyajian, Kebahasaan, dan Kegrafikan) . Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks bahasa Arab sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari beberapa teori penyusunan bahan ajar dan mengetahui gambaran umum materi bahan ajar Mahir Bahasa Arab 1, serta mengetahui aspek penilaian penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan sesuai dengan standar mutu buku. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan analisis isi (Content Analysis) atau analisis deskripsi (Description Analisys) dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar Mahir Bahasa Arab 1, telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik menurut teori Masnur Muslich dari segi kelayakan materi yaitu telah sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi: keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Sedangkan dalam teori yang dikembangkan oleh Ali Al-Qasimy, bahan ajar ini hanya memenuhi materi dasar, akan tetapi dalam materi pendukung dan khusus tidak memenuhi kriteria. Materi pendukung dan materi tertentu yang tidak memenuhi kriteria tersebut berupa tidak adanya penyajian kamus, buku latihan menulis, buku latihan bunyi, buku belajar berkala, buku tes, dan media audio yang digunakan untuk pembelajaran istima’. Bahan ajar tersebut telah memenuhi kriteria standar mutu bahan ajar yang baik dari segi aspek penilaian kelayakan penyajian, karena dalam penyusunan materinya yang sesuai dengan teknik penyajian berupa sistematika penyajian, keruntutan penyajian, keseimbangan antar-bab, begitu pula dengan penyajian pembelajaran, dan kelengkapan penyajian. Aspek penilaian kelayakan bahasa yang baik, materi disajikan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, kekomunikativan, dan keterpaduan alur berfikir. Aspek penilaian kelayakan kegrafikan yang baik, menggunakan ukuran standar buku yang sesuai, desain kulit buku (cover) yang menarik, desain isi buku yang sesuai standar mutu bahan ajar yang baik meliputi pencerminan isi buku, keharmonisan tata letak, kelengkapan tata letak, daya pemahaman tata letak, tipografi isi buku, dan ilustrasi isi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, bahan ajar, buku teks.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2015 09:37
Last Modified: 25 May 2015 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum