PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (STUDI PADA SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL PERIODE TAHUN 2007-2014)

ARI KHOZIN EFFENDI, NIM. 07480017 (2015) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (STUDI PADA SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL PERIODE TAHUN 2007-2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (STUDI PADA SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL PERIODE TAHUN 2007-2014))
07480017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (STUDI PADA SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL PERIODE TAHUN 2007-2014))
07480017_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah mutu pendidikan yang berkualitas meliputi input, proses, dan out put. Oleh karena itu sekolah dituntut mempunyai kebijakan dan program unggulan dengan salah satunya mengoptimalkan peran kepala sekolah sebagai pimpinan dalam memanajemen segala sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan dan keunggulan yang diinginkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah pihak-pihak yang terkait dalam pemberdayaan komite sekolah dan obyek penelitian adalah berusaha memahami makna pemberdayaan peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triagulasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan model Miles and Huberman adalah verification dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peran yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan meliputi pembenahan input, proses dan output serta mengoptimalkan segala sumber daya yang ada secara berkesinambungan. 2) Kepala SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari melakukan tiga peran penting yakni: peran sebagai leader, peran sebagai manajer dan peran sebagai innovator dalam menjalankan pengelolaanya untuk meningkatkan mutu pendidikan. 3) Peningkatan mutu yang dilakukan Kepala SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari, antara lain: a) Peningkatan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan; b) Pelayanan proses pembelajaran kepada siswa; c) Pembenahan sarana dan prasarana sekolah; d) Pembenahan manajemen pengelolaan sekolah; e) Penerapan budaya mutu; f) Pengelolaan partisipasi masyarakat. 4)Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar a) Faktor pendukung: 1) Sarana pendidikan yang lengkap. 2) Tenaga pendidikan dan kependidikan yang kompeten dan professional. 3) Hubungan sekolah dan masyarakat yang harmonis. b) Faktor Penghambat: a) Lokasi sekolah yang kurang strategis karena bertempat disamping area persawahan dan ditengah mayoritas penduduk yang non-muslim, padahal sekolah ini bercorak Islam.. b) Kurangnya pemanfaatan internet di lingkungan sekolah terutama untuk siswa karena penggunaan internet hanya sebatas kegiatan ektrakurikuler dan pembelajaran .dan c) Pemanfaatan alat peraga sebagai media pembelajaran kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Zainal Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 May 2015 02:48
Last Modified: 27 May 2015 02:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16126

Actions (login required)

View Item View Item