KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BIDANG STUDI PAI (IMPLEMENTASI DAN PROBLEMATIKANYA PADA SMA DAN MA DI KOTA LANGSA)

LEGIMAN, NIM. 06.31.516/S3 (2015) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BIDANG STUDI PAI (IMPLEMENTASI DAN PROBLEMATIKANYA PADA SMA DAN MA DI KOTA LANGSA). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BIDANG STUDI PAI (IMPLEMENTASI DAN PROBLEMATIKANYA PADA SMA DAN MA DI KOTA LANGSA))
DISERTASI LEGIMAN NIM 06 31 516 S3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) merupakan kebijakan paling mutakhir dalam bidang kurikulum pendidikan nasional sebagai pengganti KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Semangat KTSP adalah semangat demokratisasi, desentralisasi, dan otonomi pendidikan. Fokus penelitian disertasi ini adalah implementasi KTSP Bidang PAI dan problematikanya pada SMA dan MA di Kota Langsa, Aceh. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena informasi yang berkembang selama ini bahwa banyak guru-guru dan sekolah belum mampu menerapkan KTSP. Padahal keberhasilan KTSP sangat tergantung kepada kemampuan guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi. Tanpa kreativitas tidak mungkin KTSP dapat dikembangkan secara maksimal. Penelitian ini menginvestigasi sejauhmana KTSP Bidang PAI dapat diterapkan pada SMA dan MA di Kota Langsa, dan problematika yang muncul dalam proses implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman dengan prosedur reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion/verification). Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori KTSP dan teori kompetensi guru. Teori KTSP dan teori kompetensi guru digunakan secara bersama-sama untuk mentelaah implementasi KTSP PAI, terutama yang berkaitan dengan perencanaan guru PAI, pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi KTSP pada SMA dan MA di Kota Langsa, secara umum sudah berjalan lancar, namun secara kualitatif belum berkembang secara maksimal, indikatornya adalah (a) di semua sekolah sudah terdapat bukti fisik KTSP Bidang PAI, namun sebagian banyak guru-guru PAI belum memahami secara mendalam; (b) semua SMA dan MA di Kota Langsa telah menyusun perangkat pembelajaran, seperti kalender pendidikan, silabus, RPP, program tahunan, dan hari belajar efektif, namun sebagian guru belum mendesain RPP secara berkualitas, dan desain penilaian belum terformulasi secara memadai; (c) materi muatan lokal dan pengembangan diri secara umum di beberapa sekolah sudah berjalan dengan baik seperti di SMA 1 Langsa, SMA 2, SMA 3, SMA 4 dan SMA 5, MA UQ, dan MAS Darul Huda. Namun demikian kualitas mulok dan pengembangan diri sebagian sekolah/madrasah belum berkembang secara memadai. Sementara di beberapa sekolah lain belum terimplementasi dengan baik; (d) proses pembelajaran di kebanyakan sekolah kurang sesuai dengan semangat KTSP karena masih menekankan pembelajaran berbasis teacher-centered (berpusat guru), realitas menunjukkan pembelajaran berbasis kompetensi belum berkembang secara utuh; (e) komite sekolah secara umum telah berkontribusi bagi kepentingan pengembangan fisik, dan kelancaran Proses Belajar Mengajar. Namun kontribusi komite untuk kemajuan PAI belum maksimal, dikarenakan konsep KTSP PAI di SMA/ MA luput dari telaah, dan umumnya belum memahami problem akademik PAI. (2) Problematika yang dihadapi guru SMA dan MA dalam implementasi KTSP Bidang PAI adalah: (a) kreativitas, inovasi, dan metodologi belum berkembang secara siknifikan meskipun semua guru PAI di sekolah-sekolah ini berkualifikasi S1 dan sebagian sudah mendapatkan sertifikat pendidik, namun secara substantif kompetensi mereka belum berkembang sesuai dinamika KTSP PAI, (b) kualitas membaca Alquran sebagian besar siswa belum berkembang di SMA/ MA, (c) implementasi KTSP Bidang Studi PAI terkendala dengan minimnya media dan literature PAI

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag., dan Muhammad Agus Nuryatno, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: KTSP, PAI, Implementasi dan Problematika
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2015 09:10
Last Modified: 03 Jun 2015 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum