STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK AUTIS (KAJIAN BUKU PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK AUTIS KARYA FAUZIAH RACHMAWATI)

ZAHRA LUTFI MASYITAH, NIM.10470032 (2015) STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK AUTIS (KAJIAN BUKU PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK AUTIS KARYA FAUZIAH RACHMAWATI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK AUTIS (KAJIAN BUKU PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK AUTIS KARYA FAUZIAH RACHMAWATI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK AUTIS (KAJIAN BUKU PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK AUTIS KARYA FAUZIAH RACHMAWATI))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sepuluh tahun yang lalu sindrom autis belum banyak dipublikasikan di Indonesia. Para dokter dan awam baru tersentak ketika jumlahnya tiba-tiba melonjak dengan cepat. Pendidikan seks merupakan hal yang sangat penting bagi semua individu, termasuk individu autis. Namun pada saat ini, pendidikan seks masih dianggap tabu, banyak anak yang merasa bingung dengan perubahan pada dirinya ketika menginjak usia remaja, tanpa terkecuali anak autis, hal ini dikarenakan kurangnya pengertian anak autis mengenai masa pubertas. Kebingungan ini tak jarang menumbuhkan rasa depresi pada anak autis. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan adanya strategi pendidikan seks yang tepat untuk anak autis. Tujuan penelitian ini,adalah untuk mengetahui strategi dan metode apa saja yang digunakan dalam memberikan pendidikan seks untuk anak autis menurut buku Pendidikan Seks Untuk Anak Autis Karya Fauziah Rachmawati sehingga pendidikan seks dapat tersampaikan dengan baik dan benar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan narasumber. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan materi tentang strategi dan metode pendidikan seks untuk anak autis dari buku Pendidikan Seks Untuk Anak Autis Karya Fauziah Rachmawati. Selain dokumentasi, sumber data lain adalah narasumber, narasumber dalam penelitian ini adalah Fauziah Rachmawati, penulis buku Pendidikan Seks Untuk Anak Autis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tersruktur. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis dan psikoanalisis. Peneliti menggunakan teori psikoseksual menurut Fauziah Rachmawati yang diadopsi dari pemikiran Sigmund Freud. Penelitian menunjukan bahwa pendidikan seks untuk anak autis merupakan hal yang perlu dilakukan sedini mungkin. Pendidikan seks sendiri bukan agar individu mendapat info sebanyak mungkin tentang pendidikan seks, tetapi untuk menggunakan informasi secara lebih fungsional. Strategi dan metode yang digunakan yaitu strategi social stories, strategi percakapan komik, dan metode demonstratsi, sosiodrama, juga one-on-one, Fauziah Rachmawati menjelaskan bahwa belum bisa menyebutkan persentase keberhasilan dalam memberikan pendidikan seks menggunakan strategi tersebut, namun menurut beberapa testimoni guru anak autis, strategi dan metode ini memperlihatkan hasil yang signifikan dalam memberikan pendidikan seks untuk anak autis. Kata kunci : Anak Autis, Pendidikan Seks, Strategi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Juwariyah. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Anak Autis, Pendidikan Seks, Strategi
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Jun 2015 08:43
Last Modified: 12 Jun 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum