MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KOMUNITAS LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) DI KOTA YOGYAKARTA

ABDUL MUIS, NIM. 11470019 (2015) MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KOMUNITAS LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KOMUNITAS LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KOMUNITAS LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (779kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa model pendidikan agama Islam yang berkembang atau digunakan di Era global sekarang ini sangat banyak sehingga kita membutuhkan model pendidikan yang baik dan efisien dalam mengembangkan dan melestarikan pendidikan agama Islam yang ada di Indonesia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena model pendidikan yang baik dan bermutu sangat dibutuhkan untuk mengembangkan pendidikan, Kartini Kunto mengatakan bahwa tujuan pendidikan itu bermacam-macam sesuai dengan yang dikehendaki. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya secara langsung terkait dengan model pendidikan agama Islam pada komunitas Lembaga Dakwah Islam Indonesia Yogyakarta, (3) untuk mengetahui model pendidikan agama Islam seperti apa yang dipakai oleh komunitas Lembaga Dakwah Islam Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Maka metode yang digunakan adalah metode snowball sampling.. Hasil penelitian ini adalah: (1) Model pendidikan agama Islam yang baik adalah model pendidikan yang tidak menyempitkan cakrawala umat Islam sehingga pendidikan agama Islam yang sekarang ini berkembang dengan berbagai model dapat diterima oleh masyarakat, termasuk model pendidikan agama Islam yang dipakai oleh komunitas LDII bisa diterima dengan baik oleh masyarakat itu menandakan model pendidikan sangat berpengaruh dalam proses penyampaian ajaran agama Islam. (2) Dalam sebuah proses pendidikan dibutuhkan program yang baik dan mendukung dengan perkembangan jaman sehingga proses pendidikan tersebut bisa terus berjalan . Kata kunci: Model pendidikan agama Islam yang baik dan berkualitas akan mudah diterima dikalangan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jun 2015 13:54
Last Modified: 15 Jun 2015 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum